Diterjang banjir, jembatan penghubung desa di Abdya ambruk

Diterjang banjir, jembatan penghubung Cot Mancang dan Gudang ambruk
Jembatan yang menghubungkan Desa Cot Mancang, Kecamatan Susoh dengan Desa Gudang, Kecamatan Blangpidie, ambruk terbawa arus sungai, Sabtu (10/3). (Kanal Aceh/Jimi Pratama)
--Ads--
loading...

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Hujan lebat yang terus mengguyur kawasan Kabupaten Aceh Barat Daya pada Sabtu (10/3) dinihari, mengakibatkan jembatan yang menghubungkan Desa Cot Mancang, Kecamatan Susoh dengan Desa Gudang, Kecamatan Blangpidie, ambruk tergerus arus sungai.

Jembatan yang ambruk tersebut panjangnya sekitar 5 meter dengan lebar 3 meter.

Camat Susoh Zulfan didampingi Keuchik Cot Mancang, Sopian meninjau langsung ambruknya jembatan yang dibangun dengan struktur beton.

Ads

Menurut Zulfan, ambruknya jembatan itu karena tergerusnya tanah oleh air sungai yang meluap, sehingga siku-siku jembatan tidak kuat menahannya.

“Malam itu air sungai meluap besar. Robohnya jembatan ini membuat masyarakat tidak bisa melintas karena akses jalan terputus. Jika mau kendaraan lewat ya harus memutar lagi melewati kampung sebelah,” katanya.

Selain itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK), Amiruddin mengatakan akan mengerahkan alat berat di jembatan tersebut.

“Sore ini akan kerahkan alat berat untuk mengangkat jembatan dan kita bersihkan semua sisa sisa banjir itu,” ujar Amiruddin.

Pantauan Kanalaceh.com, sejumlah warga pun bersama-sama membuat jalan di jembatan tersebut agar warga yang berjalan kaki bisa melaluinya. Sedangkan kendaraan mesti memutar jalan. [Jimi Pratama]