Warga Banda Aceh bisa sampaikan aspirasi lewat aplikasi ini

Warga Banda Aceh bisa sampaikan aspirasi lewat aplikasi ini
Perkenalan aplikasi Suwarga di Aula Madani Center Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh, Kamis (22/3). (Humas Banda Aceh)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemko Banda Aceh kini memiliki aplikasi Suwarga. Aplikasi ini memiliki tujuan untuk menampung aspirasi dan pengaduan masyarakat Kota Banda Aceh terhadap permasalahan yang terjadi.

Kadiskominfotik, Bustami melalui Sekretaris Saiful Azmi mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melalukan pelatihan bagi admin Suwarga.

Kepala Bidang Smart City, Rahmad Kadafi di Aula Madani Center Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh, Kamis (22/3) mengungkapkan, bahwa aplikasi Suwarga merupakan aplikasi pengaduan masyarakat berbasis website yang lebih terperinci dengan laporan berupa foto dan lokasi kejadian.

Ads

“Aplikasi ini dapat digunakan dengan mengakses website suwarga.bandaacehkota.go.id, dan aplikasi suwarga ini sendiri dibuat oleh Dishubkominfo Pada tahun 2015,” katanya.

Menurut Kadafi, melalui Tenaga IT di Bidang Smart City mengusulkan perubahan tampilan aplikasi dan juga dibuatnya Suwarga versi android (smartphone), hal ini agar mempermudah pengaduan masyarakat dan dapat diakses dengan baik.

“Jika melalui website, aplikasi Suwarga dapat diakses melalui Alamat website http://suwarga.bandaacehkota.go.id  dengan cara melakukan registrasi untuk membuat akun login, lalu masuk dengan akun yang telah dibuat, kemudian upload foto yang ingin dilaporkan dan pilih lokasi kejadian, pilih kategori dantulis deskripsi laporan,” ungkap Kadafi.

Sedangkan melalui mobile bisa diakses dengan cara mendownload Aplikasi Suwarga di Google Playstore, kemudian melakukan registrasi jika belum mempunyai akun login/masuk jika sudah memiliki akun, klik logo kamera dan foto untuk membuat laporan, lokasi akan otomatis dideteksi oleh smartphone, pilih kategori dan tulis deskripsi laporan.

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman menyambut baik dikembangkannya aplikasi pengaduan masyarakat berbasis website yang diberi nama Suwarga dan berharap agar segera disosialisasikan kepada masyarakat. Menurutnya ini merupakan cara mudah bagi warga menyampaikan masalah dengan cara yang mudah dan cepat.

“Saya berharap agar aplikasi Suwarga ini segera difinalkan dan dilanjutkan, kita harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, sementara terkait kendala SDM akan kita carikan solusi sesuai dengan kebutuhan,” ujar Aminullah.

Dia berharap hendaknya aplikasi ini segera mungkin dijalankan dan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut Walikota Banda Aceh ikut didampingi Asisten Administrasi Umum Setdako Banda Aceh Tarmizi Yahya, Kadis perhubungan Muzakir Tulot, Sekretaris Diskominfotik Saiful Azmi, Kabag Humas T. Taufik Mauliansyah serta sejumlah pejabat lainnya. [Aidil/rel]