Kopi kocok khas Aceh penambah stamina

Kopi kocok khas Aceh penambah stamina
Kopi kocok BMW atau kopi poding siap disajikan kepada pengunjung yang telah memesan. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Bagi pecinta kopi, Provinsi Aceh adalah salah satu pilihan yang wajib dikunjungi. Daerah yang berada di ujung pulau Sumatera bagian barat ini terkenal dengan daerah penghasil kopi yang memiliki cita rasa dan beraroma khas.

Tak heran jika kopi Aceh sudah terkenal diberbagai daerah, baik nasional maupun internasional. Maka bagi anda yang singgah di Aceh belum sah rasanya jika anda belum mencicipi kopinya khas Aceh.

Di Kota Banda Aceh salah satunya, hampir saban hari warung kopi yang ada disetiap sudut kota ini tak pernah sepi pengunjung. Salah satu kawasan yang ramai dikunjungi ialah di Jalan T Panglima Nyak Makam, Lampineung, Kota Banda Aceh.

Salah satu peracik kopi kocok BMW mengaduk telur di dalam gelas mengunakan mesin mixer. Pengadukan itu menghabiskan watu 3-4 menit untuk satu gelas kopi kocok. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Disana anda bisa menemukan puluhan warung kopi dengan berbagai macam menu kopi yang khasnya ditawarkan kepada anda.

Namun ada salah satu warung kopi yang lagi hits di kawasan tersebut, yakni Warung Kopi Boh Manok Weng (BMW), atau sering disebut kopi kocok.

Di Warung BMW ini anda akan merasakan bagaimana nikmatnya kopi khas Aceh dicampur dengan telur ayam.

Kanalaceh.com berkesempatan bisa melihat langsung ke dapur pembuatannya. Tajul, salah satu peracik kopi boh manok weng (kopi kocok) mengatakan, cara penyajian kopi tersebut pertama seduhkan telur, lalu dikocok menggunakan mixer, setelah itu baru dituangkan kopi yang sudah disaring.

Setelah dikocok mengunakan mixer kopi kocok BMW diseduhkan Kopi saring khas Aceh dengan ditambah susu. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

“Agar kental telurnya kita lakukan selama 3 atau 4 menit pakai mesin mixer, lalu baru dituangkan kopinya. Tapi itu tergantung selera pembeli,” kata Tajul sambil memperlihatkan cara penyajiannya beberapa waktu lalu.

Ditanyai soal menghilangkan bau amis pada kopi kocok tersebut, kata dia, sedikit ditambahkan susu kental. Tapi untuk resep khasnya, Tajul enggan membeberkannya.

“Aroma dan khasnya itu rahasia, tapi untuk kopi campur telur ini siapapun bisa mencobanya di rumah,” kata Tajul.

Dipercaya dapat menambah stamina

Saat ini kopi boh manok weng (kopi kocok) sangat digemari oleh semua kalangan. Selain rasa dan aromanya yang begitu nikmat, rupanya coffee latte khas Aceh ini dipercayakan menambah stamina.

“Iya stamina bisa bertambah, juga sehat,” ungkap Tajul.

Kopi kocok BMW siap disajikan kepada pengunjung yang telah memesan. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Warung yang dibuka pada Maret 2017 lalu ini salah satu rekomendasi yang wajib anda kunjungi. Apalagi lokasinya tepat di tengah-tengah ibukota provinsi berjuluk Serambi Mekkah ini. Saat ini, kata Tajul, pengunjung yang hadir dari berbagai kalangan dan tanpa batasan umur.

“Ini terbuka untuk umum, keluarga juga ramai. Tapi yang paling banyak anak muda,” sebutnya.

Saat ini, sambung Tajul, Warung BMW yang berasal dari khas Kabupaten Pidie itu dalam sehari mampu menghabiskan lebih seratus telur. Dengan berbagai cita rasa dan selera pengunjung.

“Tergantung ramai tidaknya pembeli, standarnya 180 telur, ya kadang lebih,” ujarnya.

Salah satu pengunjung Zuhri Noviandi mengatakan, awalnya ia penasaran dengan rasa kopi yang dicampur dengan telur kampung. Setelah ia mencicipi, rupanya rasa kopi BMW begitu nikmat dan membuat ia ketagihan.

“Apalagi kopi kocok ini juga sehat dan bisa menambah stamina,” kata Zuhri.

Di Warung BMW, rupanya tak hanya disediakan kopi dengan telur, berbagai menu minuman lainya dicampur dengan telur juga disediakan, seperti telur kocok dengan teh, madu dan berbagai campuran lainnya.

Untuk harga satu gelas kopi kocok sangat bervariasi dan terjangkau mulai Rp 12 ribu hingga Rp 18 ribu. Selain kopi, di Warung BMW sekarang juga sudah disediakan makanan Mie Aceh dengan berbagai pilihan menu. Yuk silahkan mencoba! [Fahzian Aldevan]

Related posts