Bukti bahwa Google dan Facebook menyimpan semua jejak digitalmu

Bukti bahwa Google dan Facebook menyimpan semua jejak digitalmu
Img quertime.com

KANALACEH.COM – Setelah heboh dengan bocornya data Facebook yang digunakan untuk kampanye pemilihan presiden Amerika Serikat, sekarang beredar artikel yang menyebutkan data-data apa saja yang dimiliki oleh Facebook dan Google. Anda akan tahu seberapa banyak informasi yang disimpan kedua raksasa ini tanpa kita sadari.

Google tau anda pernah kemana saja.

Kalau anda menyalakan tracking location ketika ponselmu menyala, anda bisa melihat linimasa dimanapun anda pernah berada mulai dari hari pertama anda menggunakan Google di ponselmu, karena Google menyimpan data tersebut.

Untuk mengecek nya, anda bisa lihat di
https://www.google.com/maps/timeline?pb

Google tahu apa saja yang anda pernah cari dan hapus
Tahukah anda, ketika memasukkan keyword ke mesin pencari Google, mereka menyimpan data apa saja yang anda cari, bahkan sudah terintegrasi dengan semua gawai yang anda punya. Misal saja, anda sudah search di ponsel, pencarian itu juga muncul di komputermu. Bahkan kalau histori pencarian itu sudah anda delete, datanya masih tersimpan. Pantas saja Tiongkok memblokir Google di negaranya.

Untuk mengecek nya, anda bisa lihat di
https://myactivity.google.com/myactivity

Google membuat iklan berdasarkan profilmu.
Iklan dibuat Google berdasar semua informasimu meliputi lokasi, jenis kelamin, hobi, karir, ketertarikan, status hubungan, penghasilan, bahkan berat badanmu. (Pantes ada iklan penurun berat badan, id ane mengandung kata subur sih). Data ini juga yang dipakai pengiklan digital agar pemasaran produknya tepat sasaran (berlaku juga di IG dan tempat lain)

Untuk mengecek nya, anda bisa lihat di
https://adssettings.google.com/authenticated

Google menyimpan informasi tiap aplikasi yang anda pakai.
Google bisa tahu seberapa sering anda memakai aplikasi tersebut, dimana anda menggunakannya, dan dengan siapa anda berinteraksi melalui aplikasi tersebut. Artinya, dengan siapa anda ngobrol di Facebook, dengan orang dari negara mana anda ngobrol bahkan bisa tahu jam tidurmu.

Untuk mengecek nya, anda bisa lihat di
https://myaccount.google.com/permissions?pli=1

Google punya semua histori YouTube mu
Semua data dan histori dari YouTube mu disimpan semua oleh Google. Jadi mereka bisa tahu apakah anda akan segera menjadi orang tua, anda konservatif, progresif, agamamu apa, anda merasa depresi, ingin bunuh diri.

Mau tau seperti apa datamu yang disimpan Google
Google menawarkan pilihan untuk mengunduh semua data yang mereka simpan tentang mu. Data-data ini bisa diunduh dalam bentuk file word dan ukurannya besar sekitar 5,5 GB, yaaaaah kira-kira 3 m dokumen Word.

Dari mana datanya? seperti yang disebut di atas. Termasuk juga bookmark, email, file Google Drive, video YouTube, foto dari ponselmu, bisnis yang anda beli, produk yang anda beli, kalender, riwayat lokasi, situs web yang anda buat, ponsel yang pernah dipunya, page atau tulisan yang pernah di share, hingga berapa langkah yang anda lalui dalam satu hari.
Untuk mengecek nya, anda bisa lihat di
https://takeout.google.com/settings/takeout

Facebook pun juga begitu.
Facebook juga memberi pilihan untuk mendownload semua data dan informasimu. Ini semua termasuk tiap pesan yang pernah anda kirim, FB Messenger, file yang anda kirim, kontak dari ponselmu dan audio yang pernah anda kirim.

Parahnya, Facebook bisa akses webcam dan mikroponmu. Data yang mereka kumpulkan juga termasuk dimana anda berada, aplikasi yang anda install dan dimana serta buat apa anda pakai. Facebook juga bisa akses email, kalender, games yang anda pakai, foto, video, music, histori pencarian dan radio yang anda denger.

sumber link

Related posts