Nike pertahankan gelar merek pakaian paling berharga di Dunia

ilustrasi. (google)
--Ads--
loading...

(KANALACEH.COM) – Nike berhasil mempertahankan posisinya sebagai merek pakaian paling benilai di dunia pada 2018.

Menurut Brand Finance, konsultan penilaian dan strategi, raksasa olahraga AS ini berhasil mengalahkan label lain seperti adidas, Louis Vuitton, dan Hermès, meski mengalami penurunan 12 persen dalam penilaian merek pada akhir Februari 2018.

Pada bulan Desember lalu, dilaporkan bahwa Nike berjuang di pasar Amerika Utara di tengah meningkatnya persaingan dengan merek lain seperti adidas.

Ads

Nilai perusahaan adidas yang berasal dari Jerman tersebut meningkat menjadi 14,3 miliar dolar atau setara Rp 196 triliun, dengan ekspansi pengembangan produk olahraga menjadi salah satu faktor pendorong.

Pada tahun yang sama, Nike membuat laporan kerugian hampir 1 miliar dolar atau setara Rp 13,7 triliun pada kuartal fiskal ketiga, karena margin kotor yang lebih rendah, penjualan yang lebih tinggi dan biaya administrasi.

Meskipun persaingan ketat, Nike masih berada di atas dengan nilai yang dilaporkan sebesar 28 miliar dolar atau Rp 385 triliun. Ini berarti, Nike berada di atas merek olahraga Under Armor dan PUMA, yang masing-masing bernilai sekitar 3 miliar dolar atau setara Rp 41,2 triliun. Dari dunia mode, toko high street H & M, menempati posisi kedua.

loading...

Setelah mengalami penurunan 1 persen dari tahun fiskal lalu, peritel Swedia itu kini bernilai 19 miliar dolar atau Rp 261,3 triliun.

Awal tahun ini, perusahaan ini diguncang oleh gelombang skandal yang mencakup iklan kontroversial dan penutupan beberapa gerai.

Sedangkan label dari Spanyol, Zara, dan Uniqlo dari Jepang yang menjadi kompetitornya, mengalami penurunan nilai tapi tetap berada di peringkat ketiga dan Uniqlo berada di peringkat sembilan.

Sementara itu, untuk label yang menyediakan koleksi mewah, Hermès masih memimpin. Label Prancis tersebut berhasil melampaui Louis Vuitton, Cartier dan Rolex dengan nilai 11 miliar dolar atau setara Rp 151,2 triliun. Berikut daftar label yang masuk dalam 10 besar. [Kompas.com]

Ads