Kapal buronan Interpol di Sabang tanpa dokumen

Kapal Andrey Dolgov yang ditangkap Lanal Sabang di perairan ZEE Indonesia, Jumat (6/4). (ist)

Sabang (KANALACEH.COM) – Kapal Andrey Dolgov boronan International Police (Interpol) yang ditangkap Kapal Angkatan Laut (KAL) Simeulue 23 mil dari lepas pantai Sabang, Provinsi Aceh, Jumat siang tidak memiliki dokumen pelayaran.

Panglima Armada Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Yudo Margono saat jumpa pers di Pangkalan Lanal Sabang, Provinsi Aceh, Sabtu sore menyatakan, Kapal Andrey Dolgov merupakan boranan Interpol dan tidak memiliki dokumen pelayaran.

“Kapal ini buronan Interpol dan tidak memiliki dokumen pelayaran,” kata Pangarmabar Laksamana Muda TNI Yudo Margono yang turut didampingi Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Kicky Salvachdie serta sejumlah perwira TNI AL lainnya.

Pangarmabar menyatakan, Kapal Andrey Dolgov ditangkap Kal Simeulue yang dipimpin oleh Letda Eko Herianto di koordinat Lintang 5.41-56.21, Bujur 93.54-51.93 atau di Samudera Hindia paling barat Aceh.

“Kapal tersebut tidak memiliki dokumen yang jelas, bahkan bendera Togo (Afrika) yang dipasang dikapal hanya alibi, dan itu melanggar aturan pelayaran internasional,” tuturnya.

Lebih lanjut katanya, kapal Andrey Dolgov, STS-50 dan IMO 8514772 yang dinahkodai Matveev Alesandr warga Negara Rusia dan jumlah anak buah kapal (ABK) keseluruhan 30 orang, 20 diantaranya Warga Negara Indonesia (WNI) dan 10 lainnya warga negara asing (WNA) diduga melakukan pelangaran perikanan atau melakukan iligal fishing.

“Kapal boronan Interpol ini sebelumnya pada Oktober 2017 pernah ditangkap di China, kemudian Februari 2018 kembali ditangkap di Mozambik (Afrika),” tambah Laksamana Muda TNI.

Pangarmabar mengakui, untuk proses hukum kapal buronan interpol tersebut selanjutnya bersama semua barang bukti beserta ABK-ya akan diserahkan kepada Satga 115.

Dalam kunjung itu, Panglima Armada Barat (Pangarmabar), Danlantamal I Belawan, Komandan Lanal Sabang serta perwiwa TNI AL lainnya juga menyempatkan naik ke atas Kapal Andrey Dolgov yang sandar di Dermaga Lanal Sabang dan diatas kapal Pangarmabar menginterogasi langsung salah seorang anak buah kapal (ABK) tersebut. [Antara]

Related posts