Terserang hama, Wabup Pidie semprot tanaman padi warga

Sigli (KANALACEH.COM) – Puluhan hektare tanaman padi milik masyarakat Kecamatan Peukan Baro, Pidie, diserang hama. Sehingga Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud turun ke lapangan dan melakukan penyemprotan.

Data yang diperoleh dari Pengendalian Hama Penyakit (PHP) Kabupaten Pidie, untuk Kecamatan Peukan Baro, ‎luas tanam  698 hektare dan ‎luas tanam Gampong Dua Paya 27 hektare‎. ‎ Tingkat serangan hama ‎ringan 9 hektare‎, sedang 7 hektare,‎ berat 5 hektare, puso 3 hektare‎, luas pengendalian 27 hektare‎dan luas sembuh  4 hektare.‎

Sedangkan yang sudah dilakukan penyemprotan dengan insektisida Plenum, Apllaud dan Bassa, aplikasi dilakukan 3 kali penyemprotan dan ‎waktu penyemprotan jam 07:30 sampai jam 10:00 pagi.

Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM kepada wartawan, Rabu (25/4) mengatakan, dinas terkait yang sudah dilakukan pengendalian penyemprotan massal dari bantuan laboratarium PHP Keumala berupa insektisida Mipcinta 50 WP (Mipc 50%).

Kemudian ‎menaikkan air dalam petakan sawah untuk memudahkan pengendalian OPT.‎ Sedangkan penanggulangannya yang dilakukan penanaman padi kembali yang terserang WBC pada serangan berat dan puso.

Lalu melakukan peningkatan pengamatan dari serangan dari OPT oleh POPT-PHP, ‎lalu dilakukan pengendalian dengan insektisida yang di anjurkan oleh petugas lapangan POPT-PHP‎.

Kemudian pengendalian selanjutnya akan dilakukan oleh petani hamparan dengan cara swadaya, berdasarkan rekomendasi dari petugas POPT-PHP.‎ “Mudah-mudahan ini berhasil apa yang telah kita lakukan,”tuturnya. [Amir Sagita]

Related posts