6 cara agar tampak selalu muda

Ilustrasi. (Amilia.com)

(KANALACEH.COM) – Menjadi tua itu pasti. Tapi, bukan berarti kita tak bisa melakukan apapun untuk mencegah terlihat tua, bukan?

Mengalami kebotakan, datangnya kerutan, atau munculnya bintik hitam karena penuaan adalah hal yang wajar dialami oleh pria.

Untunglah ada berbagai cara untuk mencegah, menyamarkan, atau setidaknya menunda terjadinya hal tersebut.Dan ternyata melakukan hal sederhana saja untuk rutinitas perawatan pribadi akan memberi dampak besar agar kita terlihat awet muda.

Berikut 6 cara agar kita terlihat selalu muda.

  1. Melakukan pencegahan dini

Saat tanda-tanda penuaan bermunculan, akan sangat sulit untuk mengatasinya bila sudah terlambat. Satu-satunya solusi adalah mencegah sebelum hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, kita harus merawat wajah kita dari sekarang.

Pertahankan perawatan rutin seperti membersihkan wajah, menggunakan pelembab dan melindungi kulit adalah hal-hal mendasar yang harus kita jalani. Salah satu penyebab utama yang merusak kulit adalah matahari.

Jadi, selalu gunakan tabir surya bahkan saat kita merasa tidak membutuhkannya, misalnya saat cuaca mendung. Memiliki kulit hitam nan eksotis mungkin menggoda, tetapi radiasi sinar ultraviolet bisa mengakibatkan melanoma atau kanker kulit. Jika ingin memiliki kulit hitam nan eksotis, lebih baik kita menerapkan prosedur tanning yang aman.

  1. Menjaga Berat Badan

Berat badan dapat memiliki pengaruh yang signifikan pada usia kita. Hal ini tidak selalu berkorelasi dengan kelebihan berat badan, tetapi berat badan di bawah normal juga akan memberi dampak.

Memiliki tubuh terlalu kurus tak akan membuat kita terlihat lebih muda. Jadi, sebaiknya kita berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan agar bahan makanan seperti lemak jenuh dan gula dapat diproses dengan baik.

Selain itu, kita juga perlu mengganti pola makan tak sehat ini dengan konsumsi makanan alami seperti buah dan sayuran, olahraga dan minum banyak air karena tubuh membutuhkan sekitar 65 persen air agar berfungsi optimal.

  1. Jaga rambut agar tetap pendek

Rambut panjang saat usia remaja mungkin membuat kita nampak keren. Tapi, saat usia bertambah justru akan memperburuk penampilan.

Sebaiknya, kita potong rambut panjang tersebut dan mulai menerapkan penampilan yang lebih bersih dan rapi. Cobalah gaya rambut yang sedang populer tanpa harus memanjangkan rambut. Dengan cara ini, kita tetap terlihat trendi dan terlihat awet muda.

  1. Jaga kebersihan dan kerapihan bulu di wajah

Sebaiknya, kita menggunakan pemangkas dan alat cukur jenggot. Meskipun menumbuhkan jenggot memang mampu menampilkan sisi maskulin kita, namun cara ini tak akan membuat kita terlihat awet muda.

Jangan lupa juga untuk memeriksa alis yang tidak beraturan dan semua rambut yang ada di area wajah kita. Menumbuhkan jenggot dan jambang lebih cocok untuk tampilan ala hispter. Namun, ini akan membuat kita terlihat lebih tua.

  1. Tutupi munculnya uban

Munculnya uban di kepala tak akan pernah membuat penampilan kita terlihat keren, kecuali kamu George Clooney. Uban secara otomatis akan membuat penampilan kita terlihat tua.

Untuk mengantisipasinya, sebaiknya kita menggunakan produk pewarna rambut yang dirancang khusus untuk pria. Produk-produk tersebut bisa kita aplikasikan sendiri di rumah.

Jadi, kita tak lagi merasa repot dan menghabiskan banyak waktu hanya demi menyamarkan uban. Selain itu, ada banyak cara di internet yang bisa membantu kita untuk mengatasi masalah ini.

  1. Rawat kebersihkan gigi

Jangan pernah melupakan gigi kita. Senyuman adalah faktor terbesar yang membuat penampilan kita terlihat bersemangat dan awet muda.

Jadi, pastikan kebersihan gigi kita dengan secara teratur mengunjungi dokter gigi untuk menghilangkan efek negatif dari plak.

Menyikat gigi dua kali sehari dan menggunakan obat kumur juga mampu menjaga kebersihan gigi dan gusi kita, terutama bagi pecinta teh dan kopi. [Kompas.com]

Related posts