Fakta penyakit gagal ginjal, yuk kenali dan hindari

Hallosehat.com

(KANALACEH.COM) Konsumsi makanan yang kurang dijaga akan membuat tubuh kita rentan terserang penyakit. Salah satu yang paling mengkhawatirkan adalah ketika penyakit tersebut menyerang organ dalam dan menyebabkan gagal ginjal.

Terbukti, pasien penyakit gagal ginjal belakangan ini jumlah semakin meningkat. Hal ini tentu saja membuat Anda harus waspada, apalagi jika gaya hidup Anda saat ini belum menerapkan gaya hdup sehat.

Saat ini, penderita gagal ginjal tidak lagi hanya menghampiri orang dewasa. Anak remaja, dewasa muda, orang tua, laki-laki, perempuan bisa saja menderita penyakit tersebut.

Jika Anda tidak mau terkena serangan gagal ginjal, maka ada beberapa fakta yang harus Anda cermati. Berikut lima ulasannya, seperti dilansir dari Okezone.com, Kamis (3/5).

Penyaring Racun

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting bagi manusia. Fungsinya bekerja menyaring racun dalam darah, dan mengatur cairan bersama dengan zat lain dalam darah.

Ketika ginjal berhenti berfungsi, maka bagian organ tubuh yang lain pun akan terkena dampaknya. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar menjaga fungsinya agar tetap normal.

Bisa Dihindari dengan Rajin Minum Air Putih

Gagal ginjal sering terjadi karena seseorang terlampau dehidrasi atau terkontaminasi obat-obatan berbahaya. Dalam beberapa kasus, adanya tumor dan kista juga dapat menyebabkan gagal ginjal.

Karena itu, untuk mencegahnya Anda bisa memperbanyak minum air putih. Jangan tunggu sampai haus, karena dampaknya bisa bikin tubuh lemas dan mulut terasa asam.

Waspadai Perubahan Warna Urine

Bila seseorang menderita gagal ginjal, waspadai risiko gejala nyeri di bagian bawah perut dan susah berkemih. Ada juga pasien yang mengalami perubahan warna urine saat berkemih. Belum lagi ditambah demam, mual, muntah, tubuh lemas, dan gejala lain yang tak terhindarkan.

Cuci Darah Jadi Satu-satunya Solusi

Pasien yang menderita penyakit ginjal kronik, umumnya akan mengalami kondisi tidak enak selama lebih dari tiga bulan. Ginjal akan sulit mempertahankan banyak kemampuan untuk menyaring limbah dalam tubuh.

Satu-satunya yang bisa dilakukan untuk pertolongan ini adalah dengan cuci darah rutin. Anda juga bisa melakukan transplantasi ginjal, namun pastikan donornya memiliki ginjal yang baik.

Rutin Temui Dokter

Gagal ginjal terjadi akibat gaya hidup mereka yang tidak sehat. Karenanya, untuk memantau kondisi ginjal Anda, maka Anda harus konsultasi dengan dokter secara rutin.

Selain itu, Anda disarankan untuk menjaga pola makan dengan diet seimbang, serta perbanyak minum air putih. Sekalipun Anda sudah melakukan operasi atau cuci darah, pastikan setiap bulan konsultasi dengan dokter supaya tetap nyaman dan tidak fatal akibatnya. []

Related posts