Mengenal Gutel makanan khas Gayo yang unik 

Makanan Tradisional Asal Gayo, Aceh, Gutel (Nasi yang digumpal dan diikat dengan daun pandan) (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gutel, begitulah sebutan salah satu makanan tradisional masyarakat Gayo ini.

Makanan yang sudah jarang ditemukan ini berbentuk bulat yang ditengahnya dibalut dengan daun pandan ataupun daun pisang muda.

Nuraini, salah satu masyarakat Gayo ditemui dilokasi acara Aceh Culinary Festival 2018, Minggu (6/5) sore, di Lapangan Blang Padang menceritakan, Gutel dibuat dengan beras makanan dicampur dengan sedikit garam, kelapa, gula dan air secukupnya.

Dikatakan Nuraini, begitupun dengan pembuatan sangat mudah dan bisa dilakukannya dirumah, cukup dengan mencampurkan semua bahan. Lalu beri sedikit air kemudian mulai di gumpal dan diberikan daun pandan, maupun daun pisang dan tunggu hingga matang.

“Orang kami dulu makanan ini sangat mudah ditemukan tapi sekarang agak sedikit susah,” kata Nuraini.

Ia menceritakan, makanan Gutel dulunya sering digunakan sebagai peganti untuk bayi yang sudah tidak lagi menggunakan Air susu Ibu (ASI).

“Nah dulu cara pengantinya dibuatlah Gutel kan terbuat dari nasi yang agak sedikit lunak,” kata Nuraini.

Selain itu makanan tradisional, Gutel ini juga bisa ditemukan di wilayah Gayo saat hari-hari tertentu misalnya disaat merayakan hari lebaran Idul Fitri dan Idul Adha.

“Saat puasa juga banyak ditemukan, untuk menu berbuka puasa juga ada biasanya,” ujar Nuraini. [Fahzian Aldevan]

Related posts