Jelang Ramadhan, sejumlah desa di Aceh Utara dilanda banjir

(ist)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Akibat curah hujan tinggi yang mengguyur pegunungan di Kecamatan Paya Bakong Aceh Utara dan dataran tinggi Gayo Kabupaten Bener Meriah, mengakibatkan sejumlah rumah dari beberapa desa di Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara, digenangi banjir luapan dengan ketinggian debit air bervariasi.

Camat Matang Kuli, Zulkifli kepada kanalaceh.com, Minggu (13/05) mengatakan banjir mulai merendam wilayah tersebut, kini mulai terus meluas ke beberapa desa lainnya yang tergolong dataran rendah.

Adapun desa yang terendam banjir diantaranya Desa Teumpok Barat, Hagu, Alue Thoe, Lawang, Tumpok Barat, Alue Euntok, dan Cibrek Pirak,Keude Ceubrek dan desa Lawang.

“Kita sudah memerintahkan para geuchik dalam kecamatan tersebut untuk bersiap-siap jika sewaktu-waktu debit air akan bertambah, jangan menganggap bencana itu spele dan saat ini kita sudah melaporkan Ke BPBD Aceh Utara, dan kita terus memantau perkembangan di lapangan setiap satu jam sekali kembali kita laporkan ke BPBD,”  katanya.

Sementara itu Geuchik Desa Hagu, Khairul Rizal menjelaskan, banjir datang dengan tiba-tiba sejak Minggu pagi, namun belum parah.

Desa Hagu juga termasuk salah satu desa yang rawan banjir, hampir setiap tahunnya desa tersebut digenangi banjir. Ia berharap kepada Pemerintah untuk segera mencari solusi.

“Banjirnya datang tiba-tiba sejak pagi tadi, ini akibat hujan lebat di pegunungan Pante Bahagia (Paya Bakong) sehingga meluap ke wilayah kita,” sebutnya. [Rajali Samidan]

Related posts