4 daftar olahraga ringan yang bisa dilakukan saat puasa

Ilustrasi. (josstoday)

(KANALACEH.COM) – Puasa merupakan salah satu ibadah umat Islam yang wajib dilakukan ketika Ramadan. Ketika berpuasa, umat Islam di siang hari tidak makan dan minum hingga masuk waktu magrib.

Dengan demikian, umumnya terdapat perubahan kebiasaan atau aktivitas dibandingkan hari-hari biasanya. Meskipun demikian, puasa seharusnya tidak menghalangi rutinitas Anda, termasuk bagi mereka yang senang berolahraga.

Berikut ini ada jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan ketika puasa. Tentunya, olahraga ini dilakukan di waktu yang tepat, misalnya beberapa jam setelah sahur dan salat subuh atau di sore hari menjelang berbuka puasa.

Bersepeda

Bersepeda merupakan aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan sendiri atau bersama-sama. Bersepeda bisa menjaga tubuh Anda agar tidak mudah lesu dan tidak terlalu membutuhkan energi yang besar.

Lakukan olahraga ini sesuai dengan kesanggupan Anda, dengan mempertimbangkan kondisi tubuh Anda ketika berpuasa. Kabarnya, bersepeda selama lebih kurang 45 menit bisa membakar sekira 300 kalori untuk perempuan dan 350 kalori untuk pria.

Jogging/Treadmill

Olahraga seperti jogging atau menggunakan fasilitas treadmill bisa Anda atur durasi maupun kecepatan geraknya. Anda bisa melakukan olahraga ini saat di pagi hari atau sore hari.

Anda juga bisa melakukan jogging ringan selama 20-30 menit, tetapi harap diingat dengan intensitas yang ringan agar Anda tidak mengalami dehidrasi.

Jalan santai

Jalan santai merupakan aktivitas yang bisa dilakukan kapanpun dan di mana pun. Dengan jalan santai, gerakan ini membantu mendukung kesehatan jantung, otot dan tulang.

Pada saat Ramadan, Anda bisa melakukan olahraga jalan santai ini misalnya di area dekat rumah, atau bisa juga berjalan santai mencari santapan untuk hidangan berbuka puasa.

Angkat Beban

Ketika berpuasa, Anda bisa melakukan olahraga seperti angkat beban. Tidak harus beban yang berat, tetapi cukup dengan beban yang ringan. Dengan demikian, olahraga yang Anda lakukan tidak mengurasi energi secara berlebihan. [Okezone.com]

Related posts