Abdya raih opini WTP Dari BPK

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi Aceh, dan menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah Daerah tahun anggaran 2017, Senin (28/5).

Penyerahan LHP atas LKPD Tahun 2017 ini, diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Aceh, Isman Rudy, dan di terima langsung oleh Bupati Abdya Akmal Ibrahim di Banda Aceh.

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim mengucapkan terimakasih atas hasil pemeriksaan BPK. Serta menjadikan capaian tersebut sebagai pemaju mengarahkan Abdya kedepan lebih baik.

“Bagi kami Pemerintah, tentu berharap Abdya terus membaik,”

Menurutnya, pemeriksaan BPK ini sangat penting ditengah berbagai bentrokan kontrofersi dari berbagai regulasi yang ada. Kata dia, kepala daerah harus cerdas melihat, menyesuaikan dengan aturan yang ada.

“Makanya kalau BPK datang, kami menyerahkan semua apa saja yang diminta biar kita tau bahwa ini aman atau tidak. BPK memberikan rekomendasi jika menemukan kesalahan dan kepala daerah tiggal menindaklanjuti,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPK Provinsi Aceh, Isman Rudy mengatakan, pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan.

Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan.

“Pemeriksaan keuangan tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan (Fraud) dalam pengelolaan keuangan. Meski demikian, jika pemeriksa menemukan adanya penyimpangan, kecurangan atau pelanggaran terhadap ketentuan perundang-undangan, khususnya yang berdampak adanya potensi dan indikasi kerugian negara, maka hal ini harus diungkap dalam Laporan Hasil Pemeriksaan,” katanya. [Jimi Pratama]

Related posts