Teuku Riefky ajak masyarakat mengamalkan Pancasila

Ketua Komisi X DPR RI, Teuku Riefky Harsya (Rmol)

Subulussalam ( KANALACEH.COM) – Anggota MPR-RI, Teuku Riefky Harsya mengajak seluruh masyarakat Aceh secara tulus untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut disampaikan oleh Teuku Riefky Harsya saat menjadi pemateri empat pilar kebangsaan yang di adakan LSM Inspirasi Pemuda Aceh (IPA), Sabtu (2/6) di salah satu hotel di Kota Subulussalam.

Acara sosialisasi empat pilar kebangsaan dengan mengangkat tema Peran Pancasila dalam Memperkokoh NKRI yang itu menghadirkan pemateri Anggota MPR-RI, Teuku Riefky Harsya, dan diikuti oleh ratusan tokoh masyarakat, pemuda dan mahasiswa Kota Subulussalam.

“Pancasila sebagai ideologi bangsa, kepribadian bangsa harus diresapin dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari, siapapun dia,” ujar Teuku Riefky Harsya di depan ratusan peserta empat pilar kebangsaan.

Menurutnya, dengan peringatan  peringatan Hari Pancasila 1 Juni ini, bukan saja sebagai momentum mengingat, namun untuk memacu dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila untuk semua pihak.

“Marilah kita amalkan warisan mulia pendiri bangsa ini, demi kemajuan bangsa dan sekaligus menjadi sumbangsih negara Indonesia kepada masyarakat dunia,” kata Wasekjend DPP Partai Demokrat ini.

Ia menambahkab 1 Juni yang telah ditetapkan melalui Keputusan Presiden sebagai hari lahirnya Pancasila, wajib diperingati setiap warga Indonesia sebagai bangsa yang besar.

“Pancasila telah menjadi pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai ragam suku, agama, dan budaya,” sebutnya.

Dilanjutkan, tantangan yang dihadapi bangsa ke depan lebih besar dan kompleks, dan yang paling penting dicermati yaitu masalah radikalisme-terorisme yang baru-baru ini sangatlah meresakan.

“Tentu ini bukan hanya tanggung jawab TNI-Polri dalam menangani radikalisme-terorisme, namun menjadi peran semua elemen bangsa,” cetusnya.

Ia menyebutkan bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kuat dan terdiri dari banyak suku bangsa dan dengan keberagaman itu, jangan sampai terpecah-pecah, karena jika itu terjadi akan mengganggu kedaulatan NKRI.

“Atas dasar itulah, pemerintah dan MPR dan DPR-RI terus mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga Pancasila dan mengamalkannya, dalam berbagai sisi kehidupan berbangsa dan bernegara,” terangnya. [Jimi Pratama]

Related posts