Usai lebaran, Muslizar evaluasi Kepala BPBK Abdya

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Peran Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya saat menangulangi musibah kebakaran di Kecamatan susoh, kemarin dinilai tidak efektif dan sangat mengecewakan.

Wakil Bupati Abdya, Muslizar mengaku kecewa dengan kinerja pihak BPBK, kemudian pihaknya segera memanggil Kepala BPBK Abdya untuk meminta penjelasan dan mencarikan solusi agar tidak terulang kedepan.

“Ini rumah ditengah kota lho, bisa ludes. Kenapa seperti ini, apa pasukan Damkar tidak diberi pelatihan sebelumnya,” kata Wabup, Senin (11/6) di Pendopo Wakil Bupati.

Wabup merasa berang dan sangat kecewa dengan kinerja pihak BPBK, hal ini lantaran sudah tiga unit mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar rumah, berposisi ditempat yang sangat mudah dijangkau. Tapi tidak ada bagian yang berhasil di selamatkan.

“Inikan tidak logis, kebakaran di Labuhan Haji (Aceh Selatan) dulu yang lumanyan sulit ada juga bagian yang berhasil diselamatkan, tidak ludes seperti ini,” ujar Wabup.

Wabup mengaku akan mempertanyakan kepada Kepala BPBK mengenai pelatihan anggota, dan bagaimana penerapan pengecekan kesiapan armada selama ini diterapkan.

“Kita akan pertanyakan mengenai hal-hal yang wajib diberikan kepada anggota Damkar. Mobil tiap pagi harus di cek. Intinya mereka harus siap, karena musibah tidak memberitahu terlebih dahulu,” sebut Wabup seraya mengatakan akan melakukan Sidak seusai lebaran. [Jimi Pratama]

Komentar Facebook
Ads