Pulau Banyak dipadati wisatawan

Wisatawan memadati kapal kayu untuk bisa sampai ke Pulau Banyak. (Facebook: Fajriano)

Aceh Singkil (KANALACEH.COM)  – Salah satu desatinasi wisata bahari unggulan di Aceh, yaitu Kepulauan Banyak di Kabupaten Aceh Singkil masih menjadi primadona bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Itu terlihat sejak hari pertama lebaran, pengunjung Kepulauan Banyak semakin ramai.

Kebanyakan mereka ingin menikmati puluhan gugusan pulau, karang dan panorama eksotis di pulau yang jumlahnya 63 tersebut. Bahkan, setiap kali kapal penyebrangan dari Aceh Singkil menuju Pulau Banyak dan sebaliknya tetap padat.

Terhitung ada sekitar 2.000 lebih wisatawan yang masuk ke Pulau Banyak, baik melalui kapal Ferry teluk singkil, maupun melalui kapal kayu tradisional milik nelayan.

Pegiat wisata di Kecamatan Pulau Banyak, Mefrian Permana mengatakan, wisatawan yang datang ke Pulau Banyak umumnya mereka ingin mengelilingi beberapa pulau yang menjadi daya tarik di kawasan Kepulauan Banyak.

Seperti, Pulau Tailana, Palambak, Asok, Rangik, Sikandang, Balung, Malelo, Bangkaru, Ujung Lolok, Pulau Panjang dan pulau lainnya. “Di pulau itu memang menjadi target wisatwan. Banyak aktvitas disana, salah satunya snorkeling, dan spot snorkeling yang banyak ditemukan,” katanya, Senin (18/6).

Sementara untuk Pulau Bangkaru dan Ujung Lolok, dua pulau itu menjadi target wisatawan yang ingin bermain surfing. Sebab di pulau itu terkenal dengan keganasan ombaknya. Selain itu, di Pulau Bangkaru juga terdapat habitat penyu yang dilindungi, seperti penyu hijau dan belimbing. Kemudian, di lokasi itu juga terdapat Jungle tracking bagi mereka yang menyukai wisata alam hutan.

Salah seorang wisatawan asal Jakarta, Bobby Suherman mengaku memilih Kepulauan Banyak sebagai destinasi wisatanya, karena Pulau Banyak masih alami dan bisa menghabiskan waktu liburnya.

“Kalau di Jakarta ada Pulau seribu. Agak mirip, tapi di sini (Pulau Banyak) masih alami, pesonanya dapat dan bisa berkunjung ke banyak pulau,” katanya. [Randi]

Related posts