Harus tau, daftar teknologi canggih di piala dunia 2018

Harus tau, daftar teknologi canggih di piala dunia 2018
Foto: Istimewa

Jakarta –  Piala Dunia 2018 tidak cuma menyuguhkan pertandingan sepak bola saja, tapi juga sejumlah teknologi yang membuatnya semakin menarik untuk diikuti. Wasit, sang pengadil di lapangan hijau, bisa dibilang menjadi sosok yang dibekali paling banyak teknologi yang canggih.

Teknologi yang diaplikasikan pun menyentuh banyak aspek, mulai perlengkapan wasit, gawang, hingga bola pertandingan. Hal tersebut, selain membantu wasit dalam mengambil keputusan, juga semakin menyemarakkan gelaran sepak bola empat tahunan tersebut.

Berikut sejumlah teknologi tersebut, sebagaimana KanalAceh kumpulkan dari berbagai sumber.

  1. Teknologi VAR (Video Asisstant Referee)
VAR Technology
Gambar Istimewa

Video Assistant Referee (VAR) merupakan sistem yang meliputi 13 orang pembantu wasit sepanjang perhelatan Piala Dunia 2018. Dari belasan orang tersebut, dipilih seorang petugas yang menjadi pengambil keputusan utama dan tiga orang asisten sebagai pembantunya untuk tiap-tiap pertandingan.

Pada sebuah hub di Moscow, Rusia, para petugas akan mengamati reka ulang tiap kejadian dalam pertandingan melalui sejumlah kamera dengan berbagai sudut pandang yang dipasang di stadion. Rekaman slow motion pun juga dihadirkan untuk membantu petugas dalam mengambil keputusan.

Pengamatan tersebut hanya dilakukan ketika wasit atau petugas di hub melihat keanehan. Keduanya dibekali jalur komunikasi dengan sistem radio berbasis fiber. Jalur komunikasi yang sama juga dapat digunakan wasit untuk melakukan kontak dengan dua hakim garis di lapangan.

Tujuan dari VAR sendiri adalah untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan terkait empat kejadian di lapangan, yaitu gol, penalti, pemberian kartu merah langsung, serta memastikan pemain yang dijatuhi hukuman sudah benar. Para penonton yang menyaksikan lewat televisi pun dapat menyaksikan proses pengambilan keputusan lewat VAR saat wasit melihat layar di lapangan.

2. Telstar 18

Teknologi telstar 18
Foto: Istimewa

Telstar 18 adalah bola resmi yang digunakan sepanjang Piala Dunia 2018. Namanya diambil dari sebuah rangkaian satelit komunikasi bernama identik. Satelit pertama dari rangkaian tersebut yang menyentuh orbit bernama Telstar 1. Satelit milik NASA dan Bell Telephone (sekarang AT&T) tersebut diterbangkan pada 1962.

Desain bola tersebut juga mengikuti satelit tersebut dengan dominasi warna hitam dan putih. Selain itu, warna ini juga dipilih sebagai pengulangan dari versi orisinal Adidas Telstar, yang digunakan pada Piala Dunia 1970. Panel dari bola tersebut juga dihiasi warna putih dan hitam agar tampak pada televisi yang pada saat itu memang kebanyakan hanya mengakomodasi dua warna tersebut.

Telstar 18 dilengkapi desain panel dengan pola piksel yang memiliki daya tahan lebih lama. Selain itu, bentuk panel yang menyerupai bentuk kipas juga dihadirkan untuk membantu bola melayang lebih stabil saat berada di udara.

NASA pun memiliki andil tersendiri pada bola ini. Badan antariksa Amerika Serikat tersebut menjelaskan teori Knuckle Effect. Teori ini menjelaskan kala bola ditendang dengan bagian tulang yang menonjol pada jari kaki, maka objek tersebut akan melayang dengan perputaran sangat minim, atau tanpa putaran sama sekali, sehingga pergerakannya menjadi sulit ditebak.

Sejak Piala Dunia 2014 lalu di Brazil, teori ini menjadi pertimbangan untuk membuat bola yang pergerakannya lebih stabil. Hal tersebut disebabkan para penjaga gawang mengeluhkan bola pada Piala Dunia 2010, Jabulani, yang memiliki pergerakan tak beraturan sehingga sulit dikendalikan.

Telstar 18 pun memiliki chip NFC di dalamnya. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya dapat mengakses sejumlah informasi mengenai Piala Dunia 2018, dan kemungkinan pada kompetisi lain yang menggunakan bola tersebut.

3. GLT (Goal-line Technology)

Goal-line Technology
Foto: Isitimewa

Fungsi teknologi ini adalah untuk membantu wasit dalam menentukan apakah terjadi sebuah gol atau tidak. Syarat utama terjadinya gol adalah bola sudah melewati garis gawang secara seutuhnya, bukan hanya sekadar mayoritas bagiannya saja.

GoalControl menjadi pihak yang bertanggung jawab dalam menghadirkan GLT ke Piala Dunia 2018. Perusahaan asal Jerman tersebut mengunakan 14 kamera berkecepatan tinggi sehingga terdapat tujuh kamera yang diarahkan ke masing-masing gawang. (hsn)

Sumber: Detik

Related posts