KMP BRR docking Tahunan di Belawan

KMP BRR. (Kanal Aceh/DA)

Sabang (KANALACEH.COM) – Kapal penyeberangan Roll On Roll Off (Roro) KMP BRR yang melayani rute Pelabuhan Balohan Sabang dan Pelabuhan Ulee-lheue Banda Aceh untuk sementara waktu akan melakukan masa pemeliharaan (docking).

Supervisi Lintas Uleelheue – Balohan ASDP Aceh Husaini mengatakan, sesuai dengan surat dari menagement ASDP Banda Aceh tanggal 5 Juli,  KMP BRR dijadwalkan mulai tanggal 8 Juli melakukan docking tahunan di Belawan.

Docking tahunan diperkirakan  selesai pada 25 juli mendatang, dimana kapal tersebut akan dilakukan pembersihan lambung dan pengecatan pada bagian badan Kapal.

Direncanakan KMP. BRR akan berlayar menuju Belawan pada hari Sabtu (07/07). “Untuk melayani jasa angkutan laut dari dan ke pelabuhan penyeberangan Balohan Sabang – Pelabuhan penyeberangan Ulee Lhee Banda Aceh, akan dioperasionalkan secara optimal kapal ferry jenis roro KMP Tanjung Burang,” kata Husaini.

Terkait hal itu, salah seorang pedagang asal Sabang Ayah Mu, menghawatirkan dimana berdampak pada kenaikan harga bahan makanan di Kota Sabang.

Pasalnya, kapal lambat yang biasanya melayani angkutan kenderaan dan penumpang beroperasi dua unit. Jika KMP. BRR docking tinggal satu armada kapal lambat yakni KMP. Tanjung Burang yang berukuran kecil, dan muatan kendaraan pun sangat terbatas yang beroperasi.

“Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya,  ketika kapal ferry jenis  roro yang tergolong besar itu melakukan docking tahunan harga barang melambung tinggi, karena banyak mobil antri di area Pelabuhan,” pungkasnya.

Karena kebutuhan sembilan bahan pokok masyarakat Sabang, termasuk sayur-sayuran  dipasok dari daratan Aceh. Jika mobil angkutan yang membawa barang-barang tersebut harus menunggu antrian lama di pelabuhan Ulee Lhee Banda Aceh, barang tersebut khususnya sayuran dikhawatirkan akan busuk. [DA]

Related posts