Ratusan Putra-putri Abdya ikuti seleksi Paskibraka

Wabup Muslizar bersama Kadis pendidikan sedang memantau seleksi paskibraka Abdya. (ist)

Blangpidie ( KANALACEH.COM) – Ratusan anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) putra dan putri yang diseleksi secara ketat oleh Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Abdya. Ada beberapa aspek utama yang dinilai oleh panitia seleksi.

“Ada sebanyak 182 yang mengikuti seleksi awal, mulai dari kesehatan, postur, tinggi badan dan berat badan, hal tersebut guna menjaring sebanyak 68 orang untuk dilatih dan dibina selama dalam masa latihan berlangsung. ,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pemuda dan Olahraga (PORA), Azhar Abbas, Sabtu (7/7).

Menurut Azhar, calon anggota Paskibra yang diseleksi adalah mereka yang mengikuti tes duduk di kelas 1 dan 2 serta sebagian kecil juga ada dari kelas tiga. “Mereka ini terdiri 13 sekolah baik dari sekolah SMA/SMK dan MAN. Calon Pasukan Pengibaran Bendera (Paskibra) dalam rangka perayaan HUT RI ke-73,” Ujarnya Azhar.

Lebih lanjut, Azhar mengatakan, peserta yang dinyatakan lulus sebanyak 68 orang nanti akan dilatih dan dibina oleh pelatih, yaitu dari anggota TNI, anggota Polisi dan anggota Satpol PP Abdya.

Seleksi calon anggota Paskibra tahun 2018 ini, yang pertama sekali diutamakan bagi calon peserta yang baru, sedangkan untuk peserta cadangan jika suatu saat dibutuhkan, panitia akan menarik anggota Paskibra tahun 2017 lalu.

“Kami fokuskan dulu calon peserta yang baru, untuk cadangan bisa kita tarik dari anggota Paskibra tahun lalu, sebab mereka sudah dipastikan sudah bisa,” Demikian ungkapnya. [Jimi Pratama]

Related posts