390 Calhaj Kloter dua Aceh terbang ke Arab Saudi

Tahun 2018, kuota haji dari Aceh capai 4.393 jamaah
Dokumentasi - Calon Jemaah Haji menuju tempat penginapan di Asrama Haji Banda Aceh, Selasa (15/8/2017). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 390 Jamaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) kedua telah bertolak ke Arab Saudi pada Minggu (5/8), melalui Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Kloter dua tersebut berasal dari  Kabupaten Bireuen dan Langsa yang terdiri dari 157 jamaah laki-laki dan 233 perempuan, dan Jemaah tertua dari Embarkasi Aceh tahun ini juga berasal di kloter ini, yaitu Muhammad Johan bin Saad, berumur 92 tahun, dengan nomor manifes 16 yang berasal dari Kecamatan Jeumpa Bireuen.

Sedangkan Jemaah resiko tinggi (Resti) pada Kloter ini berjumlah 347 jemaah.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Daud Pakeh selaku Kakanwil Ikut mengantar langsung keberangkatan CJH BTJ 02 tersebut ke Bandara SIM.

“Alhamdulillah pemberangkatan Calhaj Embarkasi Aceh Kloter kedua berjalan dengan lancar, bahkan hari ini ada peningkatan dari sebelumnya, dimana jamaah tidak terlalu lama di Bus,” ujar Daud Pakeh, Minggu (5/8) di Bandara SIM, Aceh Besar.

Ia mengatakan, hal tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil evaluasi keberangkatan JCH kloter pertama kemarin bersama lembaga atau instansi terkait.

“Kita berharap seluruh proses pemberangkatan, pelaksanaan Ibadah dan pemulangan jamaah berjalan lancar, dapat segera menyesuaikan diri dengan suhu disana serta paling penting menjaga kesehatan,” lanjut Kakanwil didampingi Sekda Kota Langsa yang ikut mengantar jamaah ke bandara.

Selain itu, Kakanwil menjelaskan calon haji asal provinsi Aceh berangkat dengan menggunakan Pesawat Garuda Boing 777-300 ER yang merupakan pesawat milik maskapai tersebut.

Sebelumnya, keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Aceh (BTJ-02) itu dilepas oleh Bupati Bireuen, H Saifannur S.Sos di aula Jeddah, Asrama Haji Embarkasi Aceh, Banda Aceh, Sabtu (4/8) malam.

Selama di Arab Saudi, Calhaj tersebut akan menetap di Maktab 60, sektor 11 di Wilayah Jarwal.

Sedangkan JCH Kloter pertama, Daud Pakeh menyampaikan telah sampai di Makkah dan juga telah melaksanakan Tawaf Umrah.

Ikut mengantar JCH BTJ 02 ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Tim Itjen Kemenag RI, Sekda Kota Langsa, Kakankemenag Bireuen, Kakankemenag Langsa dan Kasubbag Inmas Kanwil Kemenag Aceh. [Randi/rel]

Related posts