26 Siswa Aceh berangkat ke Papua ikuti program mengenal Nusantara

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – 26 Siswa dari 23 Kabupaten/Kota se Provinsi Aceh diterbangkan ke Papua untuk mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara 2018.

Sebelum diterbangkan ke Papua, peserta mengikuti pembekalan yang diselenggarakan di Hotel Kriyad, Banda Aceh, Kamis (9/8). Pembekalan terdiri dari Wawasan Nusantara Aceh oleh Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata, Pengetahuan tentang Kementerian BUMN dan BUMN Penyelenggara BNI dan Surveyor Indonesia serta materi penulisan jurnalistik oleh Antara.

Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis PT Surveyor Indonesia (persero), Rosmanidar Zulkifli turut hadir dalam pembekalan itu.

Dalam sambutannya, ia berharap peserta SMN Provinsi Aceh bisa merepresentasikan Aceh kepada masyarakat Papua dan belajar banyak tentang Papua, “Saya yakin peserta SMN bisa mendapatkan banyak wawasan tentang sosial budaya Papua dan dunia pendidikan di sana,” ujarnya.

Ia pun berharap peserta bisa memiliki kebanggaan akan keanekaragaman nusantara, “Program ini bertujuan untuk menanamkan cinta tanah air dan mencerdaskan generasi muda Indonesia,” tegasnya.

Semua siswa dilepas pada tanggal 10 Agustus menuju Papua. Hadir dalam acara pelepasan siswa Pemrov Aceh, Kepala Dinas Pendidikan, Pariwisata dan TNI. Namun sebelum ke Papua mereka mengikuti acara Pelepasan SMN secara simbolis oleh Menteri BUMN dan perwakilan provinsi lainnya di Jakarta.

Program Siswa Mengenal Nusantara ini merupakan program pertukaran pelajar yang diselenggarakan di 34 Provinsi, diinsisasi oleh Kementerian BUMN sejak tahun 2015.

Untuk Provinsi Aceh, BNI bersinergi dengan Surveyor Indonesia mengenalkan siswa akan keberagaman budaya dan keindahan alam Aceh. [Randi/rel]

Komentar Facebook
Ads
Selamat menunaikan ibadah puasa 1439H, Tarmilin Usman, SE, M.Si - Ketua PWI Aceh
Ucapan Selamat Kepada Kabupaten Pidie meraih penghargaan WTP