4 alasan kenapa harus minum air putih sebelum konsumsi teh atau kopi

Rahasia tidur nyenyak, jangan minum kopi di siang hari
ilustrasi. (minumkopi.com)

(KANALACEH.COM) – Di sejumlah negara, teh dan kopi bukan hanya sekadar minuman pelepas dahaga, namun sudah menjadi tradisi. Dimulai dari bangun tidur hingga larut malam, dua minuman ini selalu dikonsumsi karena dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan.

Namun tidak banyak yang mengetahui, kandungan asam yang terdapat pada teh dan kopi justru dapat memicu berbagai penyakit berbahaya. Untungnya ada cara ampuh untuk meminimalisir hal tersebut. Salah satunya adalah dengan meminum segelas air putih.

Dilansir laman Okezone.com, berikut 4 alasan Anda harus meminum segelas air putih sebelum mengonsumsi kopi atau teh.

Melindungi gigi

Kopi dan teh mengandung zat kimia yang disebut tanin. Zat inilah yang sering merubah warna pada gigi Anda. SAat meminum kopi atau teh, zat tanin akan menciptakan lapisan pada gigi dan menyebabkan perubahan warna.

Minumlah segelas air 15 menit sebelum meminum kopi untuk menciptakan lapisan pelindung, dan mengurangi kemungkinan terjadinya perubahan warna.

Menghidrasi tubuh

Mengonsumsi teh atau kopi saat perut kosong dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk meminum segelas air mineral agar nutrisi di dalam tubuh terjaga, dan tubuh pun tetap terhidrasi.

Mengurangi tingkat keasaman

Sensasi terbakar yang sering Anda rasakan setelah meminum kopi disebabkan karena sifat asamnya. Nilai pH kopi dan teh masing-masing 5 dan 6. Sedangkan nilai pH air adalah 7 dan bersifat netral.

Meminum segelas air sebelum meminum kopi dan teh dapat membatasi produksi asam, sehingga dapat mencegah kerusakan pada lapisan lambung Anda.

Mencegah luka di lambung

Menurut para ahli, kopi atau teh yang diseduh terlalu lama cenderung memiliki tingkat asam yang lebih tinggi, dan dapat menyebabkan luka pada lambung. Untuk mencegahnya, minulah segelas air yang berfungsi mengencerkan kadar asam dan mencegah terjadinya ulkus (luka). []

Related posts