Gedung workshop di Abdya sudah setahun terlantar

Gedung workshop di Abdya yang terbengkalai. (Kanal Aceh/Jimi Pratama)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Gedung Workshop dan gudang bongkar muat barang di komplek terminal sekarang ditempati Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) masih terlantar, tanpa digunakan sebagaimana mestinya. Dikhawatirkan kedua gedung itu akan rusak jika dibiarkan saja.

Pantauan KANALACEH.COM di lokasi Kamis (30/8), gedung tersebut di bangun pada Tahun 2017 . Disekeliling bangunan itu sudah ditumbuhi rumput liar sehingga sangat sulit menuju ke lokasi. Selain itu, akses jalan juga tidak tersedia kecuali jalan untuk dilewati truk saat dibangun pertama sekali.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Abdya Rahwadi, ST kepada KANALACEH.COM mengakui kalau bangunan yang dibangun itu bersumber dari dana Otsus dan belum difungsikan.

Ia menjelaskan, ada beberapa sebab sehingga bangunan mewah tersebut belum dipakai, lantaran untuk gedung workshop alat-alat kelengkapannya seperti mobiler gedung belum tersedia. Selain itu, fasilitas perbengkelan juga belum ada. Menurutnya, bangunan itu hanya ada gedung tapi isinya belum ada sama sekali.

“Tapi kalau untuk gudang bongkar tinggal jalan saja. Karena itu akses menuju ke sana dan pagar belum ada. Kalau itu sudah tersedia maka kami langsung memakainya sesuai mekanismenya,” katanya.

Sebenarnya, kata dia, gedung workshop itu akan difungsikan untuk bengkel, tempat servis mobil. Bahkan kalau sudah lengkap bisa digunakan untuk Balai Latihan Kerja (BLK) dan pelajar SMK bisa magang di sini.

“Tapi itu kalau sudah lengkap syaratnya ,”sebut Rahwadi. Tambahnya, untuk fasilitas dan peralatan memang sudah diusulkan. Dalam waktu dekat bisa terealisasikan. Selain itu kalau gedung workshop itu difungsikan maka akan menjadi sumber PAD baru bagi Kabupaten Abdya.

“Termasuk kalau gedung itu difungsikan maka mobil dinas juga bisa dialihkan ke gedung itu untuk diservis dan diperbaiki. Dengan demikian bisa menghemat anggaran daerah,”kata Rahwadi. [Jimi Pratama]

Related posts