Peselancar dari 14 Negera ikuti ajang AISC 2018 di Simeulue

Peselancar asal Bali menjajal ombak di pantai Matanurung, Simeulue. (Foto: Dani Randi)

Simeulue (KANALACEH.COM) – Puluhan Peserta kompetisi surfing yang selama ini bertarung di kelas dunia dari sejumlah negara, mulai berdatangan ke Simeulue. Dalam rangka mengikuti Aceh International Surfing Championship – Simeulue Pro 2018 yang digelar sejak 31 Agustus sampai dengan 4 September 2018 di Pantai Matanurung, Kecamatan Teupah Tengah, Pulau Simuelue.

Even ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Simeulue kerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, yang digelar secara resmi oleh World Surf League (WSL) dan Asian Surfing Championship (ASC).

Sejak kemarin, puluhan peserta Surfing mulai berdatangan di Bandara Lasikin Simelue bersama Asisten Deputi Bidang Wisata Alam dan Buatan Drs. Alexander Reyaan MM, dan perwakilan Disbudpar Aceh yang disambut langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Simeulue, Abdul Karim.

“Ada sekitar 58 peserta dipastikan ikut ambil bagian pada Aceh International Surfing Championship – Simeulue Pro 2018 kali ini dan mereka berasal dari 14 negara di dunia, seperti  Brazil, Nederland, Jepang dan beberapa Negara lainya,” Kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Simeulue, Abdul Karim, Sabtu (1/9) di Simeulue.

Kata Karim, Khususnya bagi penggemar wisata olahraga selancar, banyak dari mereka suka ombak yang sangat menantang, dan Pantai Matanurung Simeulue adalah salah satu pantai terbaik untuk berselancar.

“Ombak di pantai Matanurung ini punya ketinggian hingga 5 meter dan dikenal dengan gulungan Long Tube Barrels, hampir semua peselancar memburu ombak ini baik saat laga kompetisi bahkan waktu liburan,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Drs. Amiruddin, melalui Kasi Atraksi, mengaku kegiatan Aceh International Surfing 2018 adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan di Simeulue.

“Suksesnya Aceh International Surfing tahun lalu menjadi daya tarik para wisatawan mancanegara kembali hadir ke Simeulue dan ini terlihat jelas pada peserta dan antusias masyarakat juga cukup tinggi, ” kata Azizah Nur.

Diharapkan untuk Aceh International Surfing Championship – Simeulue Pro 2018 kali ini, bisa berjalan seperti mana yang diharapkan dan para peserta juga mampu menunjukkan skilnya dalam berselancar.

“Besok insya Allah acara ini akan dibuka secara resmi oleh Asisten deputi bidang wisata Alam dan buatan Drs Alexander Reyaan MM, dan Ibu Wakil Bupati Simeulue,” Demikan Azizah Nur. [Randi/rel]

Related posts