Steffy bicara duit Rp 1 M pergi ke Turki bareng Irwandi

(Foto Instagram @steffybuarase)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Fenny Steffy Burase berbicara tentang penerimaan duit Rp 1 miliar setelah diperiksa KPK sebagai saksi kasus dugaan suap Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf. Steffy mengaku duit itu diterimanya untuk keperluan Aceh Marathon.

“Jadi tadi itu diklarifikasi. Jadi Rp 1 miliar itu yang saya sayangkan kenapa tidak dibilang untuk apa. Tapi berita yang disampaikan itu adalah Rp 1 miliar untuk Steffy Burase. Tadi sudah diklarifikasi. Bukan sekaligus Rp 1 miliar, ya. Beberapa tahap, mungkin ada 10 sampai 12 tahap. Itu semua untuk pendanaan event Aceh Marathon,” kata Steffy setelah diperiksa lebih dari 12 jam di gedung KPK, seperti dikutip laman Detik.com, Sabtu (20/10).

Baca : KPK ungkap Irwandi sudah menikah dengan Steffy Burase

Steffy menjelaskan soal duit saat ditanya mengenai keterangan Teuku Fadhilatul Amri dalam persidangan Bupati Bener Meriah nonaktif Ahmadi, yang mengaku pernah mentransfer uang Rp 1 miliar ke Steffy. Dia mengatakan tak pernah menerima uang untuk keperluan pribadinya.

Baca : Begini cara Steffy minta izin ke Darwati setelah nikahi Irwandi

“Saya tidak pernah menerima sumbangan pribadi ya, untuk biayai kehidupan pribadi saya. Tapi memang benar-benar untuk keperluan event,” jelasnya.

Selain itu, Steffy membantah jika dikatakan dirinya menghubungi sejumlah pejabat di Aceh untuk minta uang dengan menggunakan pengaruh Irwandi. Dia mengatakan hanya mengenal pejabat di Dinas Olahraga dan Dinas Pariwisata Aceh karena keperluan event.

Baca : Steffy Burase diperiksa KPK

Itu totally hoax. Saya jamin 100 persen nggak ada. Kita kalau bicara gosip, ya sampai ada yang bilang saya punya proyek Rp 1 T. Tapi yang sebenarnya saya tahu adalah Kepala Dinas Olahraga dan Pariwisata. Cuma itu yang berkaitan Aceh Marathon. Di luar itu hoax,” ujarnya.

Steffy kemudian menjawab pertanyaan soal apakah dirinya pernah pergi ke Turki bersama Irwandi. Dia mengatakan memang pernah ke Turki untuk keperluan syuting program pesantren.

“Oh iya, saya syuting untuk program pesantren di Istanbul, pesantren Sulaimaniyah, Turki,” ujarnya.

Steffy merupakan salah satu saksi yang dicegah ke luar negeri. KPK juga membekukan rekening milik Steffy.

Belakangan, KPK mengungkap Irwandi dan Steffy sudah menikah secara siri. Hal itu dibeberkan KPK dalam sidang praperadilan kasus suap Irwandi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Irwandi dan Steffy kompak membantah soal pernikahan tersebut.

Selain itu, KPK turut membuka sejumlah peran Steffy dalam kasus ini dalam sidang praperadilan tersebut. Peran-peran Steffy itu tercantum dalam berita acara pemeriksaan (BAP) sejumlah saksi yang dibacakan untuk mendukung argumen KPK dalam menjawab dalil praperadilan Irwandi. []

Related posts