Segarnya es air mata pengantin

Es air mata pengantin. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Es air mata pengantin adalah salah satu minuman khas daerah Riau. Air Mata Pengantin juga merupakan sebuah nama minuman dingin yang sangat cocok diminum saat cuaca sedang panas. Karena akan membuat tenggorokan terasa menyegarkan.

Namanya yang unik membuat pengunjung penasaran dan ingin mencoba kuliner dari bumi melayu lancing kuning yang dijual oleh mahasiswi asal Riau di Banda Aceh ini. Air mata digambarkan simbol bahagia bagi pasangan yang baru menikah. Oleh sebab itu, disebut es air mata pengantin.

Warnanya yang beragam membuat mata siapa saja menjadi ngiler melihatnya. Minuman ini rasanya sangat segar dan enak. Isinya terdiri dari berbagai macam agar-agar yang kenyal dan berwarna-warni.

Selain itu minuman ini juga dilengkapi dengan biji selasih, sirup, serutan es batu, serta blewah. Biji selasih selain biasa digunakan sebagai pelengkap atau campuran  minuman dingin, juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan.

Diantaranya adalah dapat membantu mengurangi masalah pencernaan, menghilangkan rasa sakit, menurunkan demam dan lain-lain.

Penjual kuliner es air mata pengantin, Chairani mengatakan minuman ini berawal dari tradisi masyarakat Riau yang selalu menyediakan minuman ini saat acara pernikahan.

Berhubung pernikahan identik dengan kebahagiaan, maka minuman ini lambat laun disebut sebagai air mata pengantin.

“Air mata tersebut adalah air mata kebahagiaan dari pihak pengantin,” kata Chairani saat dikunjungi di stand Kuliner Ikatan Pelajar Mahasiswa Riau (IPMR) Aceh, Minggu (4/11).

Itu sebabnya, minuman es air mata pengantin ini identik dengan kebahagiaan. Karena sejarahnya yang berawal diacara pernikahan di Riau.

Minuman ini bisa dibilang mirip dengan es campur yang disajikan dengan beragam buah. Perpaduan cita rasa buah yang menggugah selera dicampur dengan manisnya agar-agar pastinya sangat menyegarkan di tenggorkan. Apalagi disajikan dalam keadaan dingin.

Salah seorang pembeli  air mata pengantin, Ninda mengaku kaget dan penasaran dengan nama dan kuliner Riau itu. Sehingga ia memutuskan untuk membeli dan merasakan minuman tersebut.

“Air mata pengantin, karena warna sama namanya unik. Minumannya enak, kayak ada manis-manis asamnya gitu dan jelly nya juga manis, jadi terasa lebih segar setelah nikmatnya,” kata Nindi.

Jadi, anda tidak perlu jauh-jauh ke Riau atau menunggu pernikahan adat Riau untuk bisa menyantap segarnya es air mata pengantin. Anda juga bisa membelinya di stand mahasiswa Riau di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Soal harga, minuman ini dijual cukup terjangkau, yakni Rp 10 ribu per porsi. [Randi]

Related posts