Danlanud SIM ajak siswa teladani semangat pejuang kemerdekaan

3. Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, bersama siswa-siswi sekolah menaburkan bunga di atas makam pahlawan. (Foto: Pen Lanud SIM).

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Memperingati Hari Pahlawan Tahun 2018, Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Peuniti, Banda Aceh, Sabtu (10/11).

Kegiatan itu turut dihadiri Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Ahmad Daniel Chardin, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Forkopimda Aceh, para pejabat Kodam Iskandar Muda, Lanud Sultan Iskandar Muda, Polda Aceh dan Pemerintah Aceh.

Ziarah nasional yang dipimpin Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S. Djambak dan diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Kemudian dilanjutkan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga tepat pada tugu makam pahlawan.

Saat menaburkan bunga, Danlanud Sultan Iskandar Muda bersama siswa-siswi sekolah yang ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan ziarah nasional mengajak untuk merenungkan dan meneladani jasa-jasa para pahlawan.

“Sesuai tema tahun ini “Semangat Pahlawan di Dadaku”, keteladanan para pahlawan menjadi modal bagi generasi penerus dan semua komponen bangsa dalam menjaga, memelihara dan memperkokoh persatuan Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Tanpa jerih payah, keringat bahkan lebih dari itu jiwa raga para pahlawan, kita semua tidak dapat merasakan kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Ia mengajak seluruh elemen untuk mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan dengan berbagai prestasi. Setelah acara ziarah nasional di TMP Peuniti, dilanjutkan upacara peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh. [Randi/rel]

Related posts