Seorang warga Tangse terinjak anak gajah

Gajah liar mengamuk di perkebunan Bener Meriah
Ilustrasi. Dokumentasi - Gajah. (HAkA Foundation)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Seorang warga Desa Pulo Ie, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Aceh mengalami luka-luka setelah diamuk oleh gerombolan gajah pada Rabu sore (14/11).

Kamaruddin Lutan (55) yang menjadi korban amukan gajah awalnya hendak pulang bersama rekannya Ismail dari kebun. Dalam perjalanan pulang, mereka bertemu dengan puluhan gajah yang sedang melintas di depan mereka.

Kamaruddin yang saat itu dekat dengan seekor gajah langsung terkena belalai gajah dan terpental diantara kerumunan gajah. Dan dia juga sempat diinjak oleh beberapa anak gajah yang masih berumur 1,5 Tahun.

“Korban sempat berupaya untuk berlari untuk menyelamatkan diri, tetapi gajah tersebut tetap mengejar korban hingga korban terkenak pukulan belalai gajah di bagian pungung hinga terjatuh,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo saat dikonfirmasi, Kamis (15/11).

Atas kejadian itu, Kamaruddin langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Pidie oleh warga setempat. Sementara, rekan korban, Ismail melarikan diri untuk mengimbau warga agar bisa menghalau puluhan gajah yang sedang melintasi perkebunan warga.

Gerombolan gajah tersebut baru saja tiba dari Kecamatan Keumala, Pidie dan hendak menuju ke pegunungan Tangse.

Turunnya gajah ke pemukiman warga juga diakibatkan habitatnya terganggu dengan aksi perambahan hutan Aceh. Kawanan gajah liar itu juga kerap melintasi pemukiman warga.

Dalam pekan ini, sudah dua kali gerombolan gajah turun ke pemukiman warga hanya untuk melintas. [Randi]

Related posts