Abdya akan bangun pengamanan tebing dengan nilai Rp 52 miliar

Hujan mengguyur Aceh Tamiang, tanggul sungai jebol
Ilustrasi. (ist)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Dinas Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, tahun 2019 akan membangun pengamanan tebing (pengamanan tanggul) sungai di lima lokasi.

Pernyataan itu disampaikan Kepala BPBK Abdya Amiruddin kepada media saat di jumpai di ruang kantornya, Sabtu (24/11).

Menurut Amirruddin, kelima letak lokasi itu masing-masing antara lain, pengamanan tebing jembatan Gampong Ie Mirah Kecamatan Babahrot, kemudian pengamanan tebing jembatan Pulau Kaye Kecamatan Susoh, pengamanan tebing jembatan Adan Kecamatan Tangan-tangan, pengamanan tebing di perbatasan Kecamatan Susoh dan Blangpidie.

Ads

Terakhir pengamanan tebing Krueng Babahrot. “Itu semua telah kita usulkan kepada BNPB dengan total anggaran Rp52 miliar,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa pihak BNPB sudah melakukan verifikasi kelima lokasi proyek tersebut. Berdasarkan informasi, kata dia bulan Maret sudah bisa dikerjakan.

“Mudah-mudahan apa yang direncanakan itu bisa terkabulkan karena pembangunan kelima lokasi itu sudah sangat mendesak,” katanya. Seperti halnya, lokasi perbatasan Susoh dan Blangpidie, kalau tidak segera dibangun tebing sungai maka puluhan hektare sawah di sana akan hilang ditelan abrasi sungai.

Amiruddin juga meminta kepada masyarakat Abdya supaya selalu berhati-hati dan waspada karena cuaca ekstrem seperti sekarang ini. Karena tanpa diduga tiba-tiba sudah banjir menerjang atau adanya angin badai. Oleh karena itu, ia meminta waspada kepada masyarakat.

Untuk itu bila ada bencana menerjang kawasan masyarakat di Abdya, Amiruddin meminta segera melaporkan, karena pihaknya akan menyalurkan bantuan masa panik dari provinsi. Kini bantuan tersebut tersimpan di gudang BPBK Abdya. [Jimi Pratama]

Ads GAMIFest Panen Kopi 2018