Mengenal penyebab jerawat di dagu dan cara mengatasinya

Ilustrasi.
--Ads--
loading...

(KANALACEH.COM) – Selain area dahi, jerawat rupanya sering muncul di area dagu. Jerawat di dagu terkadang lebih sulit diatasi, walaupun sudah membersihkan wajah dengan skincare khusus jerawat. Apakah Anda pernah mengalaminya?

Dilansir kumparan.com, jerawat di dagu dipengaruhi oleh produksi hormon androgen. Seiring dengan datangnya menstruasi, hormon tersebut membuat produksi minyak di kulit meningkat dan akhirnya membuat pori-pori tersumbat.

Jerawat di dagu atau rahang dapat meningkat dengan menstruasi bulanan. Bahkan beberapa perempuan dapat menghasilkan lebih banyak hormon androgen dibandingkan perempuan lainnya. Hal ini disebabkan oleh polycystic ovary syndrome (PCOS), gangguan hormonal pada wanita yang memproduksi hormon androgen lebih dari normal dan dapat mempengaruhi perkembangan dan pelepasan telur oleh ovarium.

Ads

Selain masalah hormon, perubahan gaya hidup juga bisa menjadi ‘biang kerok’ dari timbulnya jerawat di area dagu. Waktu tidur yang tidak beraturan dan stres disebut-sebut menjadi salah satu pemicunya. Faktor lain yang juga bisa mempengaruhi adalah ketika Anda melepas alat kontrasepsi, biasanya akan timbul masalah pada kulit seperti jerawat di dagu.

Lantas, bagaimana caranya agar jerawat tidak muncul di area dagu?

Anda bisa mengobati jerawat dengan menggunakan skincare yang memang khusus mengatasi jerawat, seperiti Mario Badescu Drying Lotion, Clinique Anti-Blemish Solutions Clinical Clearing Gel dan Kate Somerville EradiKate Acne Treatment.

Perbanyak pula mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc, vitamin dan beta-karoten, serta lemak sehat. Beberapa makanan yang mengandung zinc adalah salmon, kacang-kacangan dan biji-bijian. Jenis makanan tersebut memiliki kemampuan untuk meminimalisir jerawat yang sudah berlangsung lama. Konsumsi juga makanan seperti kale, wortel, buah aprikot dan mangga untuk memperlancar pertumbuhan sel kulit Anda.

Selain itu, mengkonsumsi herbal tertentu bisa juga menjadi metode holistik yang ampuh untuk mengatasi jerawat di dagu. “Anda bisa mengkonsumsi herbal seperti ginseng siberian, withania, licorice, dan skullcap,” ujar ahli biokimia asal Australia, Dr. Libby Weaver. []