5 trik atasi radang kulit di musim hujan

Ilustrasi. (tribun)

(KANALACEH.COM) – Beberapa permasalahan kulit tentunya pernah dialami oleh masyarakat. Beragam faktor bisa memicu terjadinya permasalahan pada kulit tersebut seperti paparan sinar matahari maupun cuaca yang cenderung dingin.

Seperti diketahui, paparan matahari hingga perubahan cuaca bisa menimbulkan sistem imun tubuh bekerja untuk melawan hal tersebut. Namun, itu bisa memberi dampak permasalahan kulit seperti kemerahan hingga peradangan kulit.

Nah, agar permasalahan kulit bisa mereda akibat cuaca yang tak menentu ini, berikut beberapa tips yang direkomendasikan para ahli dikutip dari laman VIA.co.id, Jumat (7/12)

  1. Gunakan air dingin

Jika ingin membasuh wajah atau pun beberapa bagian tubuh lain, sebaiknya gunakan air dingin. Hal ini bisa membantu mengurangi peradangan yang terjadi di kulit.

Hindari juga pemakaian scrubs karena dapat membuat kulit semakin meradang. Tidak disarankan juga berendam terlalu lama di air dingin karena dapat memicu berkurangnya produksi minyak alami kulit.

Baca: 5 kegiatan seru yang bisa dilakukan saat hujan

  1. Seleksi makanan

Memilih makanan dengan tepat dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. Coba lebih banyak mengonsumsi buah serta sayuran hijau agar kelembaban kulit tetap terjaga.

  1. Pelembab tambahan

Peradangan kulit sering membuat lapisan terluar kulit menjadi kering. Pelembab tambahan bisa membantu menghidrasi bagian tersebut sampai kulit dapat memproduksi kembali bagian yang radang.

Baca: 5 makanan paling enak saat musim hujan

  1. Hindari paparan berlebih matahari

Paparan matahari secara berlebihan dapat memicu kerusakan kulit. Untuk mencegahnya, coba untuk menggunakan tabir surya atau pakaian tertutup saat keluar rumah.

  1. Kenakan pakaian longgar

Seringnya, peradangan di kulit dapat memicu iritasi hingga kemerahan. Hal ini bisa diperparah dengan pakaian ketat yang bersentuhan dengan kulit secara berlebihan. Untuk itu, disarankan sering menggunakan pakaian longgar agar peradangan tidak semakin buruk. []

Related posts