Warga Aceh Timur serahkan dua pucuk senjata api sisa konflik ke TNI

(ist)

Langsa(KANALACEH.COM) – Komandan Kodim 0104/Atim Letkol InfvMuhammad Iqbal Lubis kembali menerima dua pucuk senjata api berupa satupucuk Senapan jenis AK-101 dan satu pucuk Pistol jenis Baretta di Makodimv0104/Aceh Timur, Desa Payabujok Seulemak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa,Senin (10/12).

Senjata api tersebut diperoleh melalui penggalangan yang dilaksanakan oleh salah satu Babinsanya, Koptu Ridwan kepada masyarakat Gampong Jambo Leubok, Kecamatan Indra Makmur, Kabupaten Aceh Timur.

Melalui kordinasi yang baik kepada masyarakat, Babinsa memperoleh kepercayaan dari semua elemen masyarakat binaannya termasuk para mantan kombatan GAM yang berada di Gampong tersebut. 

Hal itu berawal dari informasi yang diterima Koptu Ridwan dari salah satu warga binaannya tentang keinginan salah satu warga yang berinisial (S) 32 tahun, ingin menyerahkan senjata api kepada aparat.

Mendengar hal tersebut, Koptu Ridwan melakukan pendalaman tentang informasi tersebut yang kemudian dilaporkan kepada Danramil 19/Idm.

Selanjutnya tiga orang anggotanya menelusuri informasi tersebut serta melakukan mediasi dengan pihak terkait, sehingga ditemukan 2 pucuk senjata api jenis AK-101, Pistol jenis Baretta 2 buah magazen yang tersimpan didalam semak belukar di Simpang 4 Gampong Jambo Labok.

Pada penyerahan senjata tersebut Dandim 0104/Atim mengatakan bahwa senjata tersebut merupakan senjata peninggalan masa konflik Aceh yang belum diserahkan. “Dan diduga masih ada senjata yang masih disimpan oleh sebagian eks Gerakan Aceh Merdeka (GAM) lainnya, “ucapnya. [Erza]

Related posts