Nasib penambang bitcoin dirugikan sejak harga merosot

(net)

(KANALACEH.COM) – Dalam sebulan terakhir, banyak berita yang menyebutkan penambang bitcoin (BTC) angkat tangan.Hal ini disebabkan karena harga jual dan biaya operasional yang tinggi, membuat penambang tutup sementara.

Tampaknya nasib penambang bitcoin sangat dirugikan sejak harga bitcoin berada di levelUS$3000. Baru-baru ini dilaporkan penambang China menjual perangkat chip mereka.

Pergerakanharga bitcoin terus merosot, membuat pemegang BTC ramai-ramai menjual aset mereka untuk menghindari risiko kerugian besar. Ini tidak hanya terjadi di China, tetapi hampir di seluruh dunia mulai mengkhawatirkan Bear market yang tampaknya sulit dihentikan.

Parapenambang yang membeli perangkat di akhir tahun 2017 memang tidak dirugikan.Dalam dua bulan pertama mereka menghasilkan profit lebih banyak dibandingkan 3 tahun terakhir sebelumnya. Harga diakhir tahun 2017 sempat mencapai lebih dari18000 dolar AS. Ketika itu penambang bisa mengembalikan modal dalam waktu singkat.

Sampaikapan penambang menghentikan operasional mereka? Beberapa praktisi menyebutkan bahwa harga jual bitcoin (BTC) diperkirakan akan menyentuh kurang dari 3000  dolar AS diakhir tahun 2018. Penurunan harga bisa saja terus berlanjut apabila kepercayaan publik mulai menghilang untuk berinvestasi di cryptocurrency.

Walaupun media telah menginformasikan bahwa diawal tahun 2019 akan ada pencerahan pasar.seperti dibukanya perdagangan BAKKT dan rencana ETF Bitcoin, hal ini belum tentu menjamin harga kriptomengulang sejarah 2017.

Sementarabadan usaha lain mulai menerapkan cara lain untuk mempertahankan nilai altcoin.Misalnya penukaran BNB untuk booking hotel, peluncuran kartu ATM, sehingga kriptojauh lebih bernilai diluar exchanger.

Ada beberapa penambang yang ingin menjual perangkat model lama. Diantaranya Antminer S7, Antminer T9, dan Avalon A741. Karena perangkat ini dianggap telah mengembalikan inevstasi awal dan telah menguntungkan sepanjang tahun 2018. Kebutuhan listrik yang tinggi telah memaksa penambang untuk mengambil langkan singkat, menjual chip SHA-256 dan kartu grafis kepada gamers.

Nasib penambang bitcoin diakhir tahun 2018 dan awal 2019 tampaknya masih belum menemukan titik terang.

Jikaterus berlanjut, kompetisi penambang berkurang atau tingkat kesulitan menurun.Disamping itu, munculnya dua kripto yang sama, BCHABC dan BCHSV telah memecahkan kelompok penambang yangtadinya hanya menambang BCH. Berebut penambang diantara bear market, tampaknyaakan berlangsung hingga tahun depan. [VIVA]

Related posts