Hawa panas keluar dari lantai rumah warga di Pidie Jaya

Lantai rumah warga yang mengeluarkan hawa panas di Desa Panteraja, Pidie Jaya. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Salah seorang rumah warga di Panteraja, Kabupaten Pidie Jaya mengalami fenomena panas bumi. Yang dimana lantai rumahnya terasa panas saat disentuh.

Lantai rumah milik Ali Basyah Saad ini sudah hampir satu bulan mengalami mengeluarkan panas. Meski begitu, ia masih tetap tinggal dirumahnya.

AdsPHP Dev Cloud Hosting

Kepala BPBA, T Ahmad Dadek membenarkan adanya fenomena panas bumi yang keluar dari lantai rumah warga. Kata dia, panas pada titik tertentu permukaan bumi biasa diakibatkan karena adanya rekahan atau creck yang menembus lapisan bumi.

“Kemungkinan dari kejadian tersebut panas diakibatkan adanya shalllow gas atau gas rawa atau gas dangkal yang menembus ke permukaan bumi,  yg pada kebiasaan tdk berlansung lama dan akn hilang dengan sendirinya,” kata Ahmad Dadek dalam pesan tertulisnya, Kamis (13/12).

Tetapi, lanjut dia, jika panas tidak berkurang dan semakin panas dengan adanya gejala lain yang membahayakan, pihaknya meminta agar pemilik rumah dan warga sekitar untuk segera melaporkan.

“Pihak ESDM akan menurunkan tim untuk melakukan pengecekan dan mempelajari lebih lanjut,” sebutnya. [Randi]

Ads
Artikel SebelumnyaReal Madrid kalah telak, Isco ribut dengan suporter
Artikel SelanjutnyaBanda Aceh larang warga rayakan malam tahun baru