Jalan lintas Aceh Tengah-Nagan Raya tertimbun longsor

Dok.BPBA

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ruas jalan lintas nasional yang menghubungkan Kabupaten Aceh Tengah menuju Kabupaten Nagan Raya, tepatnya di Jalan Genting Gerbang-Celala terputus akibat longsor. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh Teuku Ahmad Dadek mengatakan penyebab longsor ini diduga akibat faktor curah hujan tinggi yang terus mengguyur wilayah itu sejak beberapa hari terakhir.

“Curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak tiga hari terakhir ini menyebabkan longsoran tebing, sehingga badan jalan amblas dan putus total,” ujar Dadek seperti dilansir laman Kumparan, Kamis (13/12).

Dadek menyebutkan longsor sepanjang 40 meter dengan kedalaman 15 meter tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Saat ini, petugas penanggulangan bencana setempat bersama Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Aceh telah berada di lokasi untuk melakukan penanganan dan membuka jalur alternatif.

Ads

“Sudah dilakukan penanganan oleh petugas dengan menempatkan rambu-rambu keselamatan agar tidak dilewati warga,” ujar Dadek. “Petugas juga sedang mengupayakan membuka jalur alternatif sehingga dalam waktu yang tidak begitu lama masyarakat bisa kembali memanfaatkan jalan tersebut,” sebutnya.

Dadek mengimbau masyarakat wilayah Aceh Tegah tetap siaga. Karena kata dia, berdasarkan informasi BMKG hujan akan terus mengguyur daerah itu. Karena hujan, prediksi longsor susulan akan kerap terjadi.

“Sehingga kepada masyarakat diminta unutk menjaga lingkungan serta tetap berhati-hati ketika berada di luar rumah,” ujar dia. Beruntung dalam insiden itu tidak ada korban jiwa. []

Ads