7 pengungsi Rohingya di Bireuen kabur

Suasana Kamp pengungsian Rohingya di Gedung SKB Bireun. (foto: Dinsos Aceh)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Tujuh orang pengungsi Rohingya yang terdampar di Aceh beberapa waktu lalu, dikabarkan kabur dari lokasi pengungsian di Kompleks SKB Cot Gapu Bireuen, Aceh, pada Jumat (21/12).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bireuen, Murdani saat dikonfirmasi membenarkan adanya pengungsi Rohingya yang kabur. “Benar. Ini lagi kita selidiki, kenapa mereka kabur,” kata Murdani.

Baca: 79 pengungsi Rohingya di Bireuen akan direlokasi ke Langsa

Ads

Ia menjelaskan, tujuh pengungsi Rohingya yang kabur berjenis kelamin laki-laki. Hingga kini, tujuh orang ethnies Rohingya itu belum ditemukan. “Sedang dilakukan penyelidikan oleh Polisi. Nanti kalua ada hasilnya kami kabari,” ujarnya.

Baca: 76 Pengungsi Rohingya Terdampar di Bireuen

Padahal, kata Murdani, penjagaan yang dilakukan oleh Tagana dan Satpol PP setempat dilokasi pengungsi itu sudah diperketat. Namun, pengungsi Rohingya masih bisa lari dari tempat penampungan tersebut.

loading...

Kini, pihak Dinas Sosial Kabupaten Bireuen sedang berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengejaran terhadap tujuh orang pengungsi Rohinya tersebut.

Adapun mereka yang lari yaitu, Shobbir Ahmad (19), Mohammad Shobbir (40), Mohammad Waras (15), Mohammad Shorif (15), Zakir Husson (23), Mohammad Yusuf (20) dan Abdul Hamid (20).

Sebelumnya 79 pengungsi Rohingya ini terdampar di Pantai Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen pada Jumat, 20 April 2018 lalu, dengan menggunakan perahu kayu. Lalu, mereka dibawa dan diungsikan ke Gedung SKB oleh pemerintah Bireuen. [Randi]

Ads