Siap-siap, buka WhatsApp pakai sidik jari

Video Call di WhatsApp bakal Bisa Sambil Chatting
Ilustrasi whatsapp 01.

(KANALACEH.COM) – WhatsApp sedang menjajal fitur baru di aplikasi Android, untuk melindungi akun pengguna dengan autentikasi sidik jari.

Fitur sidik jari ini melindungi akun WhatsApp kamu secara keseluruhan. Jadi seperti membuka atau mengunci smartphone kamu, fitur ini akan muncul begitu pengguna mengetuk ikon aplikasi WhatsApp. Bakal muncul autentikasi sidik jari pengguna.  

Fitur autentikasi sidik jari ini tidak dipakai untuk mengunci obrolan dengan kontak tertentu yang ada di dalam jaringan WhatsApp kamu.

Ads

Informasi soal fitur autentikasi sidik jari ini dibocorkan oleh akun WABetaInfo. Dikutip dari laman akun tersebut, Kamis 10 Januari 2019, pada tangkapan layar yang disajikan akun WABetaInfo, nantinya menu sidik jari akan muncul pada pengaturan privasi. 

Baca: whatsapp bisa blokir akun pengguna dalam kondisi ini

Pada tangkapan layar yang ditunjukkan WABetaInfo, kamu nantinya bisa menggunakan opsi autentikasi lain jika WhatsApp tak bisa mendeteksi sidik jari kamu. Dalam hal ini, nanti kamu bisa menggunakan kode rahasia untuk mengakses akun WhatsApp kamu. 

Fitur ini sedang dalam tahap alfa. Artinya, WhatsApp sedang mengujinya di internal perusahaan, sejauh mana fitur pelindung akun ini bekerja dan bagaimana kekurangannya dan WhatsApp berusaha meningkatkan kinerja fitur ini.

Setelah melewati tahap pengujian alfa, biasanya akan mencapai tahap beta, atau pengujian fitur yang melibatkan luar perusahaan, yakni beberapa pengguna WhatsApp terpilih. 

WABetaInfo menuliskan, fitur sidik jari ini akan tersedia di perangkat Android yang minimal menjalankan Android Marshmallow atau yang lebih baru dari sistem operasi tersebut. Belum jelas kapan fitur ini bakal hadir secara publik untuk pengguna WhatsApp. [VIVA.co.id]

Ads