Mahasiswa Aceh Singkil keluhkan keterlambatan pencairan beasiswa

24 mahasiswa Aceh terima beasiswa dari Kemendikbud

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sejumlah mahasiswa asal Aceh Singkil mempertanyakan kapan waktu pencairan beasiswa yang telah mereka ajukan kepada Majelis Pendidika Daerah (MPD) setempat.

Berkas beasiswa yang di kelola oleh MPD itu sudah di serahkan ke Baitul Mal untuk di verifikasi kebenarannya bagi mahasiswa yang benar-benar layak untuk mendapatkan beasiswa tahun 2018 tersebut.  Berkas terakhir dikumpulkan pada Oktober 2018 lalu di sekretariat MPD Aceh singkil.

Salah seorang mahasiswa asal Aceh Singkil di Lhokseumawe, Muhammad Zikran mengatakan, sampai saat ini beasiswa tersebut belum ada informasi kapan disalurkan pada rekening mahasiswa.

Ads

“Tidak seperti tahun yang lalu, dimana proses pencarian nya selalu di salurkan pada awal atau pertengahan bulan 12 atau akhir tahun,  tetapi untuk tahun 2018 ini beasiswa tersebut sampai saat ini masih belum jelas kapan jadwal pencairan beasiswa tersebut,” katanya melalui pesan tertulis yang diterima kanalaceh.com, Jumat (18/1).

Akibat keterlambatan itu, kata dia, banyak mahasiswa yang mengeluh dan berharap agar ada titik terang.

Pihaknya juga sudah menanyakan kepada dinas yang bersangkutan, seperti Baitul Mal dan MPD,  namun kata Zikran, jawaban selalu di upayakan bahkan ada info terbaru beasiswa itu akan di cairkan pada bulan februari mendatang.

Ia sangat menyayangkan atas keterlambatan pencairan beasiswa tersebut. Dengan beasiswa  tersebut, seharusnya bisa meringankan kebutuhan mahasiswa,  seperti membayar SPP, kebutuhan untuk biaya Kost, Biaya KKN, dan kebutuhan lainnya.

“Jadi, wajar sejumlah mahasiswa mempertanyakan kapan kepastian proses penyaluran beasiswa tersebut. Soalnya terlalu lama sekali untuk menunggu padahal pembukaan beasiswa pada awal bulan Agustus 2018 kemarin sampai saat ini belum ada kejelasan,” ujar Zikran. [Rand/rel]

Ads