Oknum PNS Dinas PU Lhokseumawe curi besi untuk biaya hidup

Ilustrasi.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Seorang PNS ditangkap oleh Personel Polres Pidie, karena kedapatan mencuri teralis besi di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Jaya.

Pelaku yang berinisial RH (36) tersebut sehariannya bekerja di Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Kota Lhokseumawe. Ia nekat mencuri karena untuk membiayai hidup sehari-hari.

Sebab, sisa gaji RH selaku PNS selama sebulan tinggal Rp 400 ribu karena terpotong dari cicilan kredit di salah satu Bank. Sehingga, ia memilih mencuri teralis besi untuk dijual.

Kapolres Pidie Ajun Komisaris Besar Polisi Andy Nugraha Setiawan Siregar membenarkan bahwa RH merupakan PNS di Kota Lhokseumawe. Karena biaya hidup dia nekat mencuri.

“Benar (Pelaku PNS). Pelaku salah seorang PNS Dinas PU Pemkot Lhokseumawe yang melakukan tindak pidana curat di Kantor Dinas Kesehatan Pemkab Pidie Jaya,” kata Andy Nugraha saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Jumat (18/1).

Menurut keterangan pelaku saat diperiksa, ia menjalankan aksinya pada malam hari. Dengan menggunakan becak motor yang di pinjam dari tetangga pelaku, untuk mengangkut besi teralis jendela.

Kemudian hasil curian itu, di simpan di rumah kediamannnya sebelum di jual ke tempat penampungan barang bekas. Namun, belum sempat menjual barang hasil curian, RH sudah terlebih dulu di tangkap oleh petugas.

Sementara itu, hasil penjualan teralis besi yang telah dijual oleh pelaku sebesar Rp 160 ribu, digunakan untuk ongkos bekerja di Dinas PU Pemkot Lhokseumawe.

Lalu Polisi melakukan penggeledahan di rumah pelaku dan menemukan 20 teralis besi lagi. Tidak hanya itu, saat dites urin, RH juga positif mengkonsumsi ganja.

“Saat itu petugas juga melakukan tes urine terhadap RH, dengan hasil dua parameter yaitu MET (sabu) dan THC (Ganja) Positif,” ujar Andy.

Atas perbuatannnya tersebut, lanjut Andy, pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 (3) KUHP. Kini untuk penyidikan lebih lanjut pelaku beserta barang bukti telah diamankan di Markas Polisi Sektor Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya. [Randi]

Related posts