Muslizar: waspadai peredaran obat dan makanan ilegal

Muslizar saat sosialisasi tentang peredaran makanan dan obat ilegal. (Kanal Aceh/Jimi Pratama)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan seiring dengan perkembangan perdagangan dunia yang didukung kemudahan akses informasi, yang mengakibatkan peredaran obat dan makanan ilegal semakin marak.

“Kondisi ini menuntut kita bersama untuk selalu waspada terhadap adanya peredaran obat dan makanan ilegal serta berbahaya bagi kesehatan,” tegas Wabup Muslizar MT saat membuka kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi kepada Masyarakat tentang Bahan Berbahaya dan Kemasan Pangan bersama anggota komisi IX DPR RI Tgk H Khaidir Abdurrahman di Aula Motel Blangpidie, Kamis (7/2).

Menurutnya, zaman modern ini banyak beredar makanan cepat saji yang dengan mudah dikonsumsi masyarakat tanpa memperhatikan kemasan yang baik, label yang tertera, izin edar dan tanggal kadaluarsa.

“Akibatnya, banyak penyakit yang kemudian ditimbulkan akibat mengkonsumsi makanan yang tidak sehat,” tegas Wabup Muslizar MT.

Sampai saat ini, kata dia, masih ditemukan peredaran produk obat dan makanan yang mengandung bahan berbahaya di tengah masyarakat.

“Bahkan, tidak sedikit yang menjadi korban dari produk obat dan makanan yang mengandung bahan berbahaya tersebut,” ucap Wabup Muslizar MT.

Pada kesempatan itu, Wabup menghimbau masyarakat perlu mengetahui cara memilih produk obat dan makanan yang aman, bermutu dan bermanfaat.

“Untuk itu, segenap elemen masyarakat baik produsen maupun konsumen untuk bersama-sama peduli dan waspada terhadap penggunaan bahan berbahaya,” ujarnya.

Untuk semakin meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan masyarakat, sambung Wabup, maka pihaknya juga berharap kepada masyarakat untuk dapat menyebarluaskan informasi itu kepada sanak saudara, tetangga, teman maupun semua orang yang dikenal. [Jimi Pratama]

Related posts