4 Daerah Ini Tak Ada Event Wisata 2019, Apa Kata Disbudpar Aceh ?

Wisatawan asing bermain tarik tambang di Sabang. (Kanal Aceh/DA)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh telah melaunching soft Calender oF Event (CoE) 2019, ada 100 atraksi wisata yang akan digelar di tahun itu di 19 kabupaten/kota di Aceh.

Sementara 4 daerah lainnya tidak masuk dalam kalender wisata Aceh 2019. Keempat daerah itu ialah, Nagan Raya, Subulussalam, Pidie Jaya dan Aceh Utara.

Padahal bukan tidak ada lokasi wisata di daerah itu. Misalnya, menurut data dari peta wisata Aceh di Pidie Jaya ada Pantai Kuthang dan Meurah Setia. Kemudian di Subulussalam ada pemandian alam dan arum jeram (Sikelang), pemandian Lae Pandulangan, Air Terjun Kedabuahan dan Makam Sultan Daulat.

Ads

Baca: Ini Daftar 100 Event Wisata di Aceh Selama 2019

Di Nagan Raya ada Danau Laut Tadu, Pantai Seunagan, Sungai Krueng Isep, Panorama Gunung Singgah Mata, Pantai Adat Kuala Sikandang. Kemudian di Aceh Utara ada Pantai Lanchok, Makam Malikussaleh dan Rumah adat Cut Meutia.

Baca: Launching CoE, ini 10 Top Event Wisata di Aceh 2019

Namun, keempat daerah itu tidak ada event wisata pada 2019. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin mengatakan, Aceh memiliki beberapa Kawasan wisata. Pihaknya menerima usulan event wisata dari daerah yang hanya menarik dan bisa dijual ke wisatawan, baik domestik maupun mancanegera.

“Usulan dari daerah, tentunya daerah itu harus memperbanyak event yang bisa kita jual ke wisatawan mancanegara dan tidak mungkin event kecil masuk ke kalender event wisata,” kata Jamaluddin usai melaunching kalender wisata, Senin (25/2).

Apalagi, kata dia, usulan itu telah diseleksi dengan ketat dan dinilai yang mampu menjual nama Aceh ke wisatawan saja yang dimasukkan ke kalender event.

“Kita selektif. Kedepan harus ada daerah yang mengusulkan event yang besar dan bisa menjual ke wisatawan,” ujarnya.

Ke depan, ia berharap daerah lain juga harus mampu mengelola lokasi wisatanya dengan kreatif dan inovatif, agar mempunyai daya Tarik di mata pengunjung. [Randi]

Ads