Stress Karena Kelelahan Bekerja ? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Ilustrasi.

(KANALACEH.COM) – Setiap orang, tentu akan mengalami berbagai macam permasalahan kerja serta ketakutan yang membayang-bayangi jika terjadi hal-hal yang tak diharapkan.

Hal tersebut akan menyebabkan seseorang menjadi stres karena tidak begitu paham bagaimana cara menyikapinya. Nah, berikut lima tips stres yang bisa membantumu di kala hal itu melandamu guys!

  1. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup dan berkualitas dapat kembali memulihkan daya kekuatan tubuh untuk berpikir dan beraktifitas sehari-hari. Namun saat stres melanda, kita jadi sulit untuk mengistirahatkan tubuh. Akibatnya pada saat di mana mestinya kita sudah harus on fire, kita masih saja merasa kurang siap.

Alihkan pikiran penyebab stres dengan hal positif lain seperti; membaca buku, menonton video motivasi, sekadar mengobrol di sekitar lingkungan tetangga, berjalan santai, atau menikmati makanan dan minuman kesukaan. Sehingga stres akan teralihkan, dan lebih mudah untuk beristirahat.

  1. Perbaiki Sikap Tubuh

Kurangi stres dengan cara kurangi juga sikap tubuh yang cenderung tidak baik bagi tubuh.

Misalnya seperti duduk yang tidak tegak dengan punggung membungkuk, leher selalu menunduk seolah menandakan kelesuan, menjumpai seseorang dengan wajah melas, dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut ternyata bukan hanya tidak baik bagi kondisi mental, namun juga bisa berpengaruh pada aliran darah, ketegangan otot, jalan pernapasan, dan lain-lain.

Nah, mulai saat ini cobalah untuk menjaga sikap tubuh agar mental dan kesehatan tubuh juga baik.

  1. Optimalkan Penggunaan Waktu

Setiap hari, 24 jam yang dimiliki setiap orang belum tentu menjadi waktu produktif untuk memperbaiki kelayakan hidupnya.

Banyak orang yang punya bakat istimewa, tapi tak banyak yang mengembangkannya.

Semakin sering waktu dihabiskan sia-sia, maka semakin banyak pula peluang yang terbuang percuma, sehingga hanya menambah beban pikiran penyebab stres.

Dengan mengoptimalkan pemakaian waktu dan pengaturan jadwal, maka stres pun akan terkurangi.

  1. Lihat Sisi Positif Pada Masalah

Ada sisi negatif dan positif pada setiap masalah, namun yang terpenting jangan sampai kita tenggelam pada sisi negatifnya.

Tak perlu mengeluh kesulitan saat mengatasinya, karena mengeluh hanya memperkeruh keadaan.

  1. Bersikap Realistis

Lihat saja sisi positif yang bisa dikembangkan sambil terus bersikap optimis dan sabar, maka dengan sendirinya rasa stres itu akan berkurang.

Ketahui keadaan diri kita, terima apa adanya dan selalu syukuri tanpa memasang target berlebihan apalagi yang memang tidak terlalu penting.

Contohnya seperti menginginkan sesuatu yang sangat sulit dicapai, tapi karena memaksakan kehendak; akhirnya menyulitkan diri sendiri.

Bermimpi besar itu harus, tapi pertimbangan terhadap langkah yang akan diambil juga amatlah penting. [Idntimes]

Related posts