Fenomena Halo Matahari Terlihat di Banda Aceh

Fenomena halo matahari yang terlihat di langit Banda Aceh. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Fenomena Halo Matahari terlihat jelas di langit Banda Aceh. Fenomena pelangi yang mengelilingi matahari itu pun sempat disaksikan beberapa warga, yang langsung merekam peristiwa itu.

Pantauan, Halo matahari muncul sekitar pukul 11:30 siang. Kemudian fenomena itu menghilang terselimuti awan hitam.

Kepala Seksi Informasi dan Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh, Zakaria mengatakan, pada dasarnya fenomena tersebut hal yang biasa. Dan tidak ada sangkut pautnya dengan musim.

Zakaria menjelaskan fenomena itu merupakan meteorology lingkaran yang berwarna seperti pelangi dan dinamakan Halo atau Icebow.

“Halo atau ice bow adalah fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari atau kadang juga bisa terjadi disekitar bulan,” kata Zakaria saat dikonfirmasi, Selasa (12/3).

Halo ini, kata dia, timbul oleh adanya awan tinggi yang sangat dingin berupa krital es yaitu awan cirrus yang tumbuh tegak lurus dengan matahari. Ketinggian awan cirrus (cirrostratus) secara umum berkisar antara 5 -10 km di lapisan atas atmosfer.

Dengan adanya awan yang bersifat kristal es itu, akan terjadi pembiasan dari permukaan es yang berbentuk batang atau atau prisma. Maka, sinar matahari menjadi terpecah menjadi beberapa warna seperti pelangi.

“Jadi itu bukan suatu hal yang aneh dan kami berharap kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya apa bila Halo ini dikait-kaitkan dengan keadaan tertentu,” sebutnya. [Randi]

Related posts