Ketika Abdullah Puteh Nostalgia dengan Akmal Ibrahim

Pertemuan Abdullah Puteh dan Akmal Ibrahim di Abdya. (Kanal Aceh/Jimi Pratama)
--Ads--
loading...

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Masyarakat Aceh Barat Daya (Abdya) menghadiri pertemuan dengan mantan Gubernur Aceh, Abdullah Puteh, di kediaman Akmal Ibrahim di Desa Guhang, Kecamatan Blangpidie.

Dalam pertemuan itu Abdullah Puteh mengemukakan alasannya membuat pertemuan khusus dengan masyarakat Abdya di kediaman Akmal Ibrahim. Baginya, Akmal Ibrahim adalah seperti adik kandung.

Kegiatan dalam suasana mendung itu, mendapat sambutan hangat dari seribuan masyarakat Abdya yang hadir dari berbagai kecamatan.

Ads

Memang, semasa menjabat Gubernur Aceh, Akmal pernah menjadi penasehat beliau dibidang keamanan. Alhasil, selama menjabat Gubernur meskipun Aceh berkecamuk, Bang Lah merasa sangat nyaman, khususnya dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Saya sudah menganggap beliau adik saya, dan rumah beliau saya anggap rumah saya sendiri, jadi saya berdiri di sini, seakan berdiri di rumah sendiri,” sebut Abdullah Puteh, Senin (1/4).

Menurut Abdullah Puteh, banyak kenangan yang dilewatinya dengan mantan wartawan senior itu.

Bahkan, calon anggota DPD nomor 21 itu, tau persis bagaimana karakter dan kepedulian Akmal pada masyarakat. “Maka sangat wajar beliau menjadi Bupati dua kali,” katanya.

Bahkan suatu hari Abdullah Puteh pernah mempertanyakan kepada Akmal, apa yang dibantu mengingat sudah banyak Akmal lakukan untuknya, namun Akmal tidak pernah meminta bantu pada dirinya.

Akmal hanya menjawab, “Saya mau jadi pengusaha garam bang,” kata Bang Lah. “Aneh kan? Itulah Akmal,” kata Abdullah Puteh yang disambut gelak tawa termasuk Akmal Ibrahim.

Tapi, keesokan harinya dirinya pergi ke laut yang tak jauh dari kantor. Ternyata di lokasi itu, sudah ada puluhan emak-emak petani garam.

“Dalam hati saya menyampaikan, ternyata masih ada wartawan yang peduli dan baik seperti ini,” terang Bang Lah yang mengaku saat itu sempat menangis dan meneteskan air mata.

Atas dasar itu pula, Abdullah Puteh mengaku memiliki kesamaan visi dengan Akmal, untuk itu ia berharap dukungan masyarakat Abdya untuk memilih beliau pada 17 April mendatang. [Jimi Pratama]