Ibnu Sina Bicara Soal Kecantikan

(republika)

(KANALACEH.COM) –  Dokter Muslim lainnya yang berkontribusi dalam bidang kecantikan adalah Ibnu Sina (980 M-1037 M). Dalam salah satu bab di bukunya yang sangat fenomenal, Canon of Medicine, dia secara khusus membahas tema kecantikan.

Di sana, ia mengupas tentang perawatan diri mulai dari rambut hingga seluruh tubuh. Beragam masalah kecantikan yang kerap dihadapi setiap orang, seperti rambut rontok, kulit yang berubah pucat, serta bagaimana merampingkan tubuh, dibahas tuntas.

Tak hanya itu, dia juga mendefinisikan dan menjelaskan berbagai penyakit kulit dan cara-cara menyembuhkannya. Bagian ini dapat ditemukan pada pembahasannya tentang perawatan kulit.

Ads

Dalam menjabarkan jenis perawatan diri, Ibnu Sina memakai pendekatan yang beraturan. Dalam bukunya, ia terlebih dulu menjelaskan perawatan kepala lalu secara berurutan sampai pada perawatan kaki.

Khusus perawatan kaki, Ibnu Sina menekankan pada perawatan kuku. Tujuan Ibnu Sina mengupas masalah kecantikan bukan untuk mempercantik diri, namun lebih pada sudut pandang kesehatan. [Republika.co.id]

Ads