8 Hektare Lahan Kelapa Sawit di Aceh Terbakar

Titik panas kembali muncul di Aceh
Pemadaman kebakaran lahan. (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sekitar 8 hektare lahan perkebunan kelapa sawit di Aceh terbakar. Petugas berusaha memadamkan api supaya api tidak meluas.

“Bahkan, 6 hektare di antaranya lahan sawit milik masyarakat terletak di Gampong (desa) Padang Beurahan, Bakongan, Aceh Selatan, masih terbakar hingga kini,” terang Kepala Pelaksana BPBA, Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, yang dilansir Detik.com, Kamis (10/4).

Ia menyebut, petugas pemadaman kebakaran dari instansi terkait termasuk TNI/Polri belum berhasil memadamkan api. Pemadaman mengalami kendala seperti akses jalan menuju lokasi kebakaran yang terpencil.

Ads

Namun petugas telah melakukan penanganan berupa membatasi area lahan yang terbakar, supaya kebakaran tidak merembet ke lahan yang belum terbakar di kawasan semak belukar dan ditumbuhi oleh gambut dalam kondisi kering.

Salah satu Pemilik lahan kelapa sawit yang terbakar, Wahab (54), mengatakan, lokasi kebakaran sekitar 1,5 km dari jalanan yang bisa dilalui mobil. “Petugas di lapangan, terpaksa harus berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer ke lokasi kebakaran demi mengupayakan pemadaman. Hingga siang ini, mereka masih melakukan upaya pemadaman,” ucap Wahab.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta 23 kabupaten/kota di Aceh untuk mewaspadai kebakaran hutan dan lahan menyusul masuknya musim kemarau di provinsi paling barat Indonesia ini. []

Ads