KIP Abdya Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

(ist)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019. Kegiatan ini bertempat dilapangan bola kaki gampong Mata Ie, Kamis (11/4).

Simulasi tersebut bertujuan untuk merepresentasikan kejadian pemungutan suara di TPS pada 17 April mendatang.

Ketua Divisi Teknis Kepemiluan KIP Abdya Yudi Firmansyah, mengatakan simulasi dibuat senyata mungkin dan menggambarkan kondisi di hari H nanti, di mana terdapat kotak suara, bilik suara, papan pengumuman DPT, petugas KPPS, pengawas TPS dan saksi.

“Simulasi kita laksanakan hari ini untuk melihat sejauh mana petugas di lapangan menghadapi situasi riil dan bagaimana efektifitas petugas TPS menghadapi kondisi dan kendala di lapangan,” kata Yudi.

Simulasi itu melibatkan PPK, PPS, dan petugas KPPS setempat. Kegiatan ini digambarkan dengan TPS dengan jumlah DPT 293 pemilih.

“Kita juga lihat berapa estimasi waktu yang dibutuhkan setiap pemilih sehingga kita bisa memperkirakan hari pemungutan dan pemungutan nanti dapat berjalan sesuai jadwal yang ditentukan,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Abdya, AKBP. M. Basori dalam sambutannya berharap simulasi yang dilakukan KIP Abdya, mampu menjadi tolak ukur kesiapan petugas TPS menjelang hari pemungutan suara.

“Kami berharap simulasi hari ini bisa memperkirakan bagaimana kondisi di lapangan saat pemungutan dan penghitungan suara, sehingga petugas nantinya mampu lebih sigap dan terlatih menghadapi kondisi riil 17 April mendatang” ujar Basori.

Selain itu wakil bupati Abdya Muslizar yang hadir, juga memperagakan tata cara memilih mulai dari memasuki TPS, mencoblos hingga memasukkan surat suara yang telah di coblos ke kotak suara. [Jimi Pratama]

Related posts