Kip Aceh Utara Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

(ist)
--Ads--
loading...

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara menggelar simulasi pemilihan, pemungutan dan penghitungan suara di Lapangan Upacara Lhoksukon Kamis (11/04).

Pemilihan tersebut melibatkan warga, PPS dari Kecamatan Lhoksukon, Relawan Demokrasi dan PPK se Aceh Utara.

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf, mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 17 April nanti.

Ads

Dalam kegiatan simulasi tersebut yang digelar oleh KIP Aceh Utara, Fauzi atau yang akarap di sapa sidom Peng mengatakan, Pemkab Aceh Utara sangat mengapresiasi KIP Aceh Utara dan Jajarannya, yang bekerja keras dalam mensukseskan tahapan Pemilu 2019.

“Kegiatan ini sangat penting dalam rangka memberikan gambaran tentang cara pemungutan dan penghitungan suara sekaligus memperkuat kesiapan PPK , PPS dan KPPS dalam Pemilu 2019 nanti. pengetahuan secara teknis juga sangat penting sehingga pada hari H nanti dapat terlaksana sesuai dengan aturan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Devisi Teknis Penyelenggara, Muhammad Sayuni mengatakan tujuan digelar simulasi, diantaranya untuk menghitung berapa lama waktu yang di gunakan dalam pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara.

Kemudian juga untuk  menambah pengetahuan dan pemahaman para penyelenggara pemilu seperti KIP, PPK, PPS dan KPPS, pengawas Pemilu dan saksi dari Parpol.

Simulasi ini, kata dia untuk dilihat oleh masyarakat umum tentang proses pencoblosan hingga perhitungan Suara di C1 Plano yang dilakukan persis seperti saat di hari  H pemungutan suara.

“Dimulai sejak TPS dibuka pada pukul 07.00 WIB, sampai berakhirnya penghitungan di TPS, katanya. [R. Samidan]