Aceh Harap Penambahan Penerbangan Luar Negeri Terwujud

Maskapai yang buka rute baru ke Bandara SIM dapat insentif
Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar. (Wikipedia)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh berharap rencana penambahan penerbangan langsung dari sejumlah negara ke provinsi itu dapat segera terwujud.

“Pemerintah Aceh sedang mengupayakan ada penerbangan langsung dari sejumlah negara seperti India, Phuket langsung ke Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar atau ke Sabang,” kata Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin seperti dilansir laman Antara, Sabtu (13/4).

Baca: Kalahkan Aceh, Lombok Terpilih Sebagai Destinasi Halal Terbaik

Menurut dia, Aceh memiliki potensi besar untuk pengembangan destinasi wisata halal dalam upaya meningkatkan kunjungan dan pertumbuhan ekonomi daerah dan masyarakat di daerah tersebut.

“Alhamdulillah, Aceh meraih Peringkat II sebagai Destinasi Wisata Halal Unggulan Indonesia 2019 dan ini akan memperkuat positioning Aceh sebagai destinasi wisata halal yang layak dikunjungi oleh wisatawan,” katanya.

Ia mengatakan kehadiran transportasi udara yang menghubungkan dengan daerah tujuan wisata khususnya seperti Sabang dari negera-negara Muslim akan memberikan dampak positif terhadap kunjungan wisatawan.

“Artinya, kehadiran transportasi udara yakni penerbangan langsung dari sejumlah negara akan memudahkan para wisatawan untuk datang dan berkunjung langsung ke Aceh,” katanya.

Ia menambahkan pihaknya juga terus membenahi berbagai sarana dan prasarana pendukung guna mewujudkan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata halal yang dapat dikunjungi oleh banyak wisatawan Muslim di seluruh dunia, terutama dari Malaysia.

Data Disbudpar Aceh menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan ke Aceh meningkat mencapai 2,5 juta orang yang terdiri atas 2,4 juta wisatawan Nusantara dan 106 ribu wisatawan mancanegara pada 2018 dibanding 2017 sebanyak 2,3 juta orang, terdiri atas 2,2 juta wisnus dan 78 ribu wisman. []

Related posts