Omzet Pedagang Peci di Banda Aceh Bulan Ramadan Meningkat

Pedagang Peci. (Republika)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Penjualan peci atau kopiah di Pasar Aceh dan Kawasan Masjid Raya Baiturrahman memasuki hari keempat bulan Ramadan meningkat hingga dua kali lipat, seiring meningkatnya permintaan masyarakat terhadap peci.

“Sehari sebelum memasuki bulan Ramadan warga sudah mulai banyak mencari, bahkan hingga saat ini peminatnya semakin banyak,” kata Whalid, salah seorang penjual peci di Kawasan Masjid Raya Baiturrahman, Kamis (09/5).

Ia mengatakan, biasanya pada awal Ramadan penjualan peci sudah meningkat, sehingga pendapatan para pedagang juga naik. Biasanya, kata dia, per hari laku 10 peci, kini bisa mencapai 20-30 peci per hari. Ia memprediksi penjualan peci akan terus meningkat hingga memasuki hari raya Idul Fitri.

Ads

“Sehari sebelum memasuki bulan Ramadhan warga sudah mulai banyak mencari. Saya prediksi penjualan peci ini akan terus meningkat,” ujarnya.

Harga yang ditawarkan bervariasi, yaitu dari Rp15.000,- hingga Rp150 ribu per peci sesuai kualitas dan jenis peci tersebut.

Jenis peci yang paling banyak dibeli adalah “lobe”, karena selain murah, peci ini lebih sering digunakan ummat Islam untuk shalat mau pun kegiatan keagamaan lainnya.

Sementara itu dari pantauan kanalaceh.com, penjualan peci yang juga ramai dikunjungi warga Banda Aceh yakni di Pasar Aceh, salah satu penjual yang ditemui mengaku jika penjualan peci pada bulan Ramadan selalu menguntungkan karena momennya yang sangat tepat.

Ia mengaku, jenis peci haji lebih banyak diminati jamaah dibandingkan peci jenis “lobe”. Karena peci jenis ini juga dijadikan sebagai pengganti topi oleh sebagian remaja pada bulan Ramadan. [Randi]